Pasti Mommy pernah mangalami drama si kecil saat mencoba menghindari sekolah dengan berpura-pura sakit, menangis, dan beragam drama lainnya. Hal ini memang wajar terjadi saat anak berada di usia sekolah dasar. Bahkan, tidak jarang ini menjadi sebuah langkah kecil mundur dalam perkembangan alami anak  menuju kemandirian. Sayangnya, pada beberapa kasus mogok sekolah dapat ditemukan adanya tanda masalah kecemasan. Apa pun penyebabnya, ada banyak strategi yang bisa Mommy gunakan untuk menyemangati lagi si kecil kembali ke sekolah.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Mogok Sekolah
source: https://www.mothering.com/

Kenali Penyebab Ketakutannya

4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Mogok Sekolah
source: https://www.parentmap.com/

Kita memang melihat taman kanak-kanak merupakan tahapan sekolah di mana anak hanya bermain dan menghabiskan waktu dengan menyenangkan. Padahal, kenyataannya anak-anak merasakan hal yang jauh berbeda. Mereka harus mengikuti aturan dan mempraktikkan keterampilan baru dan itu semua membutuhkan energi dan kerja keras. Tidak heran jika pergi ke sekolah setelah libur panjang akan menjadi hal yang dihindari anak-anak.

baca juga

Kurangi Faktor Kenyamanan di Rumah

4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Mogok Sekolah
source: http://www.kiddiwinkie.com.sg/

Selain itu, ada juga pengaruh dari kenyamanan anak di rumah yang akhirnya membuat anak-anak mogok untuk pergi ke sekolah. Terkadang, anak-anak ingin bolos sekolah hanya karena rumah adalah tempat yang nyaman dan terasa lebih baik bagi mereka. Untuk mengatasinya, Mommy dapat berupaya membuat tinggal di rumah terasa lebih membosankan daripada sekolah. Jika si kecil berpura-pura sakit dan memaksa untuk tinggal di rumah, Mommy dapat membuatnya sadar dengan memperlakukannya sebagaimana orang sakit. Ia tidak boleh bermain atau menonton hingga ia benar-benar merasa bosan.

Bantu Menemukan Solusi

Si kecil mungkin memiliki kekhawatiran tentang masalah tertentu selama ia di sekolah, bahkan mungkin sejak ia berada di jemputan sekolah. Namun, ada banyak hal yang membuat seorang anak tidak bisa mengungkapkan atau memahami apa yang ingin ia hindari. Cobalah Mommy mencari tahu apa yang membuatnya tidak nyaman di sekolah. Hubungkan tiap aktivitas yang dilakukan, dan bagian mana yang membuatnya terganggu. Hal ini dapat berupa bullying, aktivitas yang sulit, atau lain sebagainya. Setelah Mommy menemukan masalah yang sebenarnya, bicarakan dengan gurunya, khususnya jika masalahnya adalah bullying. 

4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Mogok Sekolah
source: https://www.youngparents.com.sg/


 

baca juga

Atasi Masalah yang Lebih Dalam

4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Saat Anak Mogok Sekolah
source: https://www.scmp.com/

Jika si kecil terus-menerus mogok sekolah, bawalah si kecil untuk berkonsultasi pada psikolog anak. Dengan begitu Mommy akan memperoleh gambaran bagaimana sebuah kecemasan terjadi pada anak-anak. Ingatlah bahwa masuk ke kelas baru merupakan langkah besar kemandirian dan kedisiplinan anak yang terkadang melibatkan langkah mundur. Terus dampingi anak agar ia dapat menghadapi segala tantangan yang dihadapinya.