1. Sinar

Kala itu, Sinar masih kelas 1 SD di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kisah bocah kurang beruntung ini sangat menyentuh hati dan mengharukan. Betapa tidak, masa kesil yang semestinya ia bermain bersama teman-temannya, justru itu sulit ia lakukan karena Sinar harus mengurus ibunya yang lumpuh, memandikannya, memberinya makan.

Bahkan, setiap hari ia melakukan pekerjaan rumah layaknya orang dewasa. Kisah anak inspiratif ini sempat ramai diberitakan, bahkan kisahnya dituangkan dalam sebuah lagu "Sinar Jangan Menangis".
 

1. Sinar
source: http://sunatonline.blogspot.co.id



 

baca juga

2. Tasripin

Meski usianya lebih tua dari Sinar, Tasripin (13) yang tinggal didaerah Banyumas, Jawa Tengah ini harus melewatkan masa remajanya dengan membanting tulang untuk menghidupi adik-adiknya. Taspirin bekerja sebagai buruh tani dan serabutan.

Tinggal bersama adik-adiknya tanpa orangtua membuat Taspirin mengambil tanggungjawab orangtua dan dengan rela ia menjadi buruh tani dan kerja serabutan.

Ayah anak malang ini merantau bersama kakaknya, sedangkan ibunya telah meninggal dunia akibat tertimpa longsor. Beban hidupnya menjadi lebih ringan berkat bantuan dari SBY dan warga sekitar.
 

2. Tasripin
source: https://news.detik.com



 

3. Muhammad Aditya

Kisah anak inspiratif Indonesia ketiga ini berasal dari Jombang, Jawa Timur, ia bernama Muhammad Aditya (11). Di umurnya yang masih sangat muda dan membutuhkan dukungan penuh orangtua, justru ia melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari layaknya orang dewasa. Tinggal di rumah kontrakan bersama sang ibu, Sunarti yang lumpuh saat Adit berusia 1 tahun.
 

3. Muhammad Aditya
source: https://www.yukepo.com



 

baca juga

4. Muhammad Said

Belajar dan menjadi pemulung adalah dua hal yang harus dilajani Muhammad Said. Siswa dari SD Mimbaan I Situbondo, Jawa Timur menjalankan pekerjaanya sebagai pemulung sepulang dari sekolah.

Meski di mata orang-orang, ini adalah pekerjaan yang rendah dan menjijikkan, namun bagi Said ini adalah satu-satunya cara untuk ia bisa bertahan hidup. Said melakukan ini karena terpaksa, tapi ia tidak merasa malu karena uang yang ia peroleh bukanlahh hasil meminta-minta.
 

4. Muhammad Said
source: http://www.viva.co.id



 

5. Aisyah

Kisah anak inspiratif Indonesia datang dari segala penjuru. Bukan hanya di Sulawesi dan Jawa, ada pula kisah anak inspiratif dari Medan. Sebut ia Aisyah. Diusianya yang masih sangat kecil ia harus merasakan sulitnya hidup sebagai orang tak punya

 Aisyah hidup berpindah-pindah dan tinggal di becak bersama ayahnya. Karena faktor ekonomi sehingga gadis malang ini harus putus sekolah ditambah lagi sang ayah menderita kompikasi paru-paru.

Ia tidak merasakan kasih sayang seorang ibu lantara ia berpisah sejak usia 1 tahun. Iapun terpaksa mengayuh becak lantaran tak sanggup membayar kontrakan.
 

5. Aisyah
source: https://news.detik.com


 

Nah, itulah 5 kisah anak inspiratif Indonesia yang sangat mengharukan dan menyentuh hati. Jadi, syukuri apa yang kamu punya saat ini karena masih banyak orang diluar sana yang kehidupannya jauh dari cukup.