Tampilkan Kedua Orangtua Dalam Satu Waktu

Jelaskan Sejak Dini, Ini Cara Menjelaskan Perceraian Pada Anak
source: https://www.mylegalassistants.com/

Meskipun kedua orangtua sudah bercerai atau segera bercerai, anak tetap memiliki keduanya sebagai sosok ayah dan ibu. Dalam mengkomunikasikan sebuah perpisahan, akan sangat baik jika ayah dan ibu hadir dalam satu tempat di waktu yang bersamaan. Ada baiknya pasangan yang akan bercerai atau sudah bercerai memposisikan diri sebagai orangtua di mana yang dibicarakan bukanlah masing-masing melainkan anak. Ini bukan tentang Mommy atau dia, melainkan ini tentang kesejahteraan emosional anak-anak. Cara ini juga dapat membuat anak-anak merasa yakin bahwa orangtua mereka masih dapat bekerja bersama sebagai satu tim sebagai orangtua dan membimbing mereka.

Kumpulkan Semua Anggota Keluarga

Jelaskan Sejak Dini, Ini Cara Menjelaskan Perceraian Pada Anak
source: https://www.thefirmformen.com/

Membicarakan perceraian dengan anak-anak ada baiknya dilakukan dalam formasi lengkap. Kakak dan adik serta kedua orangtua. Cara ini penting untuk menunjukkan bahwa perpisahan bukanlah sebuah perpecahan. Namun, jika Mommy khawatir bahwa si kakak yang lebih besar akan menjadi lebih emosional dan memicu kemarahan adiknya, Mommy dapat membicarakannya dengan anak satu per satu. Namun, ingat bahwa ayah dan ibu harus hadir bersama.

baca juga

Rencanakan Kata-Kata yang Tepat

Jelaskan Sejak Dini, Ini Cara Menjelaskan Perceraian Pada Anak
source: https://www.heraldsun.com.au/

Perceraian bukanlah sebuah topik yang bisa dikembangkan dengan improvisasi. Para konsultan keluarga menyarankan pasangan untuk mencatat pesan-pesan inti yang menurut mereka penting untuk didengar anak-anak mereka. Misalnya, orangtua dapat secara bergantian membahas poin-poin penting ini:

  • "Kamu tahu bahwa Ayah dan Ibu sudah lama mengalami masalah. Kami sudah mencoba untuk memperbaikinya, tetapi semuanya tidak berhasil."
  • "Kami berdua sangat mencintaimu. Tidak akan ada yang mengubah cinta itu dan kami akan selalu ada di sini untukmu."
  • "Kami akan selalu menjadi ayah dan ibumu meskipun kami tidak lagi menjadi suami dan istri lagi. Kami akan bercerai."
  • "Kamu anak-anak yang hebat. Hal ini terjadi karena kesalahan kami, bukan kesalahanmu."
  • "Meskipun segalanya pasti berubah, kita akan selalu menjadi keluarga. Kami tetap ayah dan ibumu."

Siapkan Diri untuk Menghadapi Segala Reaksi

Jelaskan Sejak Dini, Ini Cara Menjelaskan Perceraian Pada Anak
source: https://www.highlights.com/

Tidak bisa dipungkiri, perceraian akan memicu beragam reaksi dari banyak orang, khususnya anak-anak. Jadi, saat Mommy menjelaskan hal tersebut, pastikan Mommy juga mempersiapkan diri untuk banyak air mata dan pertanyaan saar memberi tahu anak-anak tentang perceraian. Merupakan hal yang normal bagi anak-anak untuk khawatir tentang bagaimana kehidupan mereka selanjutnya, apakah mereka harus pindah sekolah atau keluar tim sepak bola. Mungkin mereka akan menanyakan apakah teman-teman mereka masih bisa bermain di rumah orangtuanya. Namun, ada pula respon-respon menyedihkan seperti menangis, berteriak, masuk ke kamar mereka, dan membanting pintu. Mommy lebih mengenal karakter si kecil. Jadi, pastikan Mommy mengetahui betul bagaimana cara membicarakan hal ini padanya.

baca juga

Jawab Semua Pertanyaan

Jelaskan Sejak Dini, Ini Cara Menjelaskan Perceraian Pada Anak
source: https://www.womansdivorce.com/

Terakhir, pastikan Mommy dan pasangan memberikan jawaban atas semua pertanyaan mereka. Anak-anak biasanya membutuhkan waktu untuk memproses perasaan yang mereka rasakan. Pastikan Mommy benar-benar membuka dialog dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan anak. Bersikaplah terbuka dalam menjawab pertanyaan dan menanggapi kebutuhan emosional anak-anak. Jujurlah dengan mereka tentang apa yang Mommy ketahui dan apa yang tidak Mommy ketahui.

Perceraian memang akan berat bagi seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak. Namun, menjaga komunikasi dengan baik sejak awal akan membuat proses ini lebih baik kedepannya.