1. Berikan Batasan Pada Diri

Agar Badan Enggak Makin "Lebaran", Lakukan Tips Diet Pasca Lebaran Ini, Moms
source: https://www.mamalisa.com/

Memang tidak lengkap rasanya berhari raya tanpa menyantap hidangan khas yang begitu menggugah selera. Jadi, tidak masalah jika Mommy memberikan kelonggaran pada hari-hari lebaran. Namun, pastikan Mommy juga membuat batasan sampai kapan rutinitas makan seperti ini dilakukan. Misalnya, di hari kedua lebaran, Mommy sudah tidak lagi boleh makan kue kering dan di hari ketiga hentikan semua asupan lemak dan santan yang ada.

2. Singkirkan Makanan dan Kue 

Agar Badan Enggak Makin "Lebaran", Lakukan Tips Diet Pasca Lebaran Ini, Moms
source: https://www.pinterest.com/

Pertimbangkan matang-matang berapa banyak makanan dan kue yang dibutuhkan hingga hari ke-3 atau ke-4 lebaran. Jangan sampai makanan dan kue tersisa banyak sehingga Mommy terpaksa menghabiskannya agar tidak mubazir. Mommy bisa memberikan beberapa toples kue lebaran ke sanak saudara yang datang berkunjung atau membagi masakan lebaran ke tetangga. Dengan begitu, tidak ada makanan tersisa yang membuat Mommy berlebihan dalam makan sajian lebaran.

baca juga

3. Hindari Sajian Soda dan Minuman Kemasan

Agar Badan Enggak Makin "Lebaran", Lakukan Tips Diet Pasca Lebaran Ini, Moms
source: https://www.pinterest.com/

Ketahui bahwa masakan lebaran dan kue kering sudah cukup berkontribusi besar dalam penumpukan lemak-lemak di tubuh. Jangan ditambah dengan asupan gula tambahan dari minuman bersoda atau beragam minuman kemasan lain. Jika ingin menyajikan minuman segar dengan rasa, Mommy dapat membuat jus buah tanpa gula. Dijamin itu akan lebih menyehatkan tanpa perlu khawatir menambah gemuk badan.

4. Perbanyak Air Putih

Agar Badan Enggak Makin "Lebaran", Lakukan Tips Diet Pasca Lebaran Ini, Moms
source: https://www.istockphoto.com/de/fotos/young-muslim-woman-drink-a-glass-of-water?assettype=image&sort=mostpopular&mediatype=photography&phrase=young%20muslim%20woman%20drink%20a%20glass%20of%20water

Jangan sepelekan asupan air putih untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Perbanyaklah minum air putih di sela-sela makan dan ngemil. Meminum air putih juga dapat mengisi sebagian perut sehingga makanan yang masuk tidak akan berlebihan. Selain itu, yang terpenting adalah dengan mengonsumsi banyak air putih Mommy dapat menghancurkan asupan lemak yang masuk dari beragam sajian lebaran.

baca juga

5. Olahraga

Agar Badan Enggak Makin "Lebaran", Lakukan Tips Diet Pasca Lebaran Ini, Moms
source: https://www.pinterest.com/

Setelah melewati batas makan makanan lebaran, pastikan Mommy kembali pada rutinitas makanan sehat seperti salad buah dan sayur serta asupan protein tanpa lemak lainnya. Namun, jangan lupa untuk mengiringinya dengan rutinitas berolahraga. Sebenarnya, olahraga ini dapat dilakukan sejak hari lebaran, sebut saja saat berjalan kaki berkeliling untuk silaturahim. Jadi, jangan malas bergerak di hari raya, ya!