Bullying Secara Verbal

Bullying verbal merupakan sebuah tindakan penindasan yang dilakukan verbal, atau penindasan dengan kata-kata yang diucapkan dengan kejam. Dalam hal ini, bullying verbal melibatkan pemanggilan nama yang diolok-olok, mengancam, dan membuat komentar yang tidak sopan tentang atribut seseorang (penampilan, agama, etnis, kondisi fisik, dan lain sebagainya). Sebagai orangtua, Mommy dapat menanggulangi masalah ini dengan menumbuhkan kepercayaan diri dan kemandirian anak, serta mampu untuk mengambil tindakan ketika dibutuhkan.

Hati-Hati, 4 Jenis Bullying Ini Mungkin Terjadi Pada Si Kecil Saat Di Sekolah
source: https://verbalbullyinghome.wordpress.com/

Bullying Secara Fisik

Bullying secara fisik merupakan sebuah penindasan dengan intimidasi fisik yang agresifh hingga melibatkan pemukulan berulang-ulang, menendang, menyelengkat, menghalangi jalan, mendorong, dan menyentuh dengan cara yang tidak diinginkan dan tidak sesuai. Jika bullying fisik terjadi pada anak, pastikan Mommy tetap bisa mengendalikan emosi. Ajarkan anak untuk mampu menyelesaikan masalah dengan komunikasi terbuka dan berkelanjutan, khususnya pada orangtua dan guru terkait bullying fisik. Jika penindasan sudah terlewat batas hingga melukai fisik, ada tindakan serius yang bisa diambil dengan melibatkan aparat berwenang.

Hati-Hati, 4 Jenis Bullying Ini Mungkin Terjadi Pada Si Kecil Saat Di Sekolah
source: https://tgforum.com/
baca juga

Bullying Secara Sosial

Selain dilakukan secara fisik dan verbal, bullying juga dapat dilakukan tanpa adanya kontak langsung secara fisik maupun kata-kata. Kasus ini juga dapat dikategorikan sebagai penindasan relasional, atau penindasan dengan taktik eksklusif, yang dilakukan dengan sengaja mencegah seseorang untuk bergabung atau menjadi bagian dari suatu kelompok.

Contohnya adalah pengucilan anak saat makan siang, permainan, olahraga, atau kegiatan sosial lainnya. Apabila si kecil mengalami masalah ini, pastikan Mommy selalu hadir untuk menemaninya di rumah. Bantu mereka menemukan hal-hal yang membuat mereka bahagia, tunjukkan bahwa diri mereka berharga dan penting. Fokuslah pada pengembangan bakat dan minat mereka, baik itu dalam musik, seni, atletik, membaca, dan beragam kegiatan setelah sekolah lainnya.

Hati-Hati, 4 Jenis Bullying Ini Mungkin Terjadi Pada Si Kecil Saat Di Sekolah
source: http://hammondpsychology.com/

Cyberbullying

Di era digital seperti sekarang ini, masalah sosial pun turut merambah ke dunia sosial media di mana terjadi banyak kasus cyberbullying yang dialami oleh anak-anak, khususnya mereka yang sedang berada di usia remaja. Penindasan di dunia maya, atau intimidasi di dunia maya, merupakan sebuah tindakan melecehkan seseorang dengan menyebarkan kata-kata jahat, kebohongan, dan desas-desus palsu melalui email, pesan singkat, dan postingan di media sosial.

Untuk mengatasinya, pastikan Mommy selalu memantau penggunaan media sosial oleh anak. Ketahui dan patuhi aturan batasan usia yang diberikan. Kemudian, berikan arahan yang tepat dalam menggunakan media sosial. 

Hati-Hati, 4 Jenis Bullying Ini Mungkin Terjadi Pada Si Kecil Saat Di Sekolah
source: https://www.stopbullying.gov/

Itulah beberapa hal penting seputar bullying yang harus Mommy tahu. Ingatlah bahwa bullying merupakan hal serius yang harus ditangani secara cepat dan tepat agar dampaknya tidak berlarut-larus dan membekas pada diri anak.