Kenali Penyebab Anak Menjadi Pem-bully

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Adalah Pelaku Bullying?
source: https://www.reddit.com/

Pada dasarnya ada dua alasan mendasar yang menjadi penyebab mengapa anak-anak menjadi pembully. Yang pertama adalah anak-anak yang populer dan kuat dan menggunakan kekuatan dan popularitasnya untuk mengintimidasi agar dapat mempertahankan posisi sosial mereka. Yang kedua adalah saat anak-anak yang mengalami masalah dan perasaan kehilangan mendalam hingga akhirnya melampiaskannya dengan mengintimidasi anak-anak lain.

Alasan-alasan tersebut juga didukung dengan beragam contoh perilaku intimidasi setiap hari melalui media, politik, acara TV, perilaku anak-anak lain di sekolah, dan bahkan dinamika dalam keluarga. 

Bicaralah Dengan Anak

Saat Mommy mendapatkan laporan bahwa si kecil merupakan pelaku bully, pastikan untuk segera berbicara dengannya. Bicaralah dengan nada tenang, tegas, dan tanyakan kepadanya apa yang terjadi dan mengapa ia berperilaku seperti itu. Jadilah pendengar yang baik dan hindari menyalahkan. Anak-anak perlu memahami bahwa tidak apa-apa mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan.

Mommy juga dapat mengajukan pertanyaan untuk membantunya memahami bagaimana sebuah tindakan atau perilaku dapat memengaruhi kondisi orang lain, seperti :

  • "Apakah tindakan itu mencerminkan sikap menghormati orang lain?"
  • "Apakah tindakan itu melukai seseorang?"
  • "Apakah kamu ingin seseorang melakukan itu padamu?"
Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Adalah Pelaku Bullying?
source: https://www.mnn.com/
baca juga

Berikan Konsekuensi

Bantu anak dalam memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. Tentukan hukuman yang tegas sebagai bentuk konsekuensi untuk perilaku bullying. Mommy dapat memberikan batasan pada sesuatu yang dirasa penting anak sehingga konsekuensinya akan terasa signifikan, seperti menyita ponselnya, menghilangkan atau mengurangi waktu menonton TV atau bermain video game, atau membatasinya untuk partisipasi dalam kegiatan sosial. 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Adalah Pelaku Bullying?
source: https://www.allinahealth.org/

Proaktif Dalam Bekerja Sama Dengan Pihak Sekolah

Pihak sekolah akan melakukan upaya yang lebih optimal saat mereka melihat bahwa orangtua pelaku bully dengan tulus ingin memperbaiki situasi. Jangan khawatir akan dinilai sebagai orangtua yang buruk. Pasalnya, membesarkan anak-anak memang bukanlah perkara mudah, dan meminta bantuan untuk menghadapi masalah pertumbuhan dan perkebangan anak bukanlah tanda kegagalan. Jadi jangan takut untuk bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membantu anak dalam mempelajari perilaku yang baik dan konstruktif. 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Adalah Pelaku Bullying?
source: https://www.todaysparent.com/
baca juga

Bangun Keterampilan Sosial dan Emosional

Terakhir, untuk mencegah perilaku bully terulang, Mommy dapat melakukan upaya-upaya untuk membangun keterampilannya dalam menyelesaikan konflik dan menangani situasi sulit. Pembelajaran sosial dan emosional yang meliputi kesadaran diri, manajemen diri, ketahanan, ketangkasan sosial, serta pengambilan keputusan yang bertanggung jawab perlu untuk Mommy berikan padanya. Meningkatkan keterampilan ini sangatlah penting, khususnya saat anak masih di sekolah dasar. Pasalnya, ini akan menjadi hal yang penting dalam membentuk karakter sosial yang baik dan berdampak langsung seumur hidup.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Adalah Pelaku Bullying?
source: https://www.popsugar.co.uk/

Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan Mommy pada anak yang melakukan bullying. Pahami sikap yang tepat agar anak dapat berubah menjadi individu yang memiliki simpati dan empati yang tinggi terhadap sesama.