Tekankan Kejujuran

Saat Anak Ketahuan Mencuri, Ini yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.wdgpublichealth.ca/

Menanamkan nilai-nilai kejujuran merupakan hal paling mendasar untuk menghindari anak dari kebiasaan berbohong atau mencuri. Jika si kecil ketahuan melakukan salah satu dari kesalahan tersebut, penting bagi Mommy untuk kembali menekankan pentingnya arti sebuah kejujuran. Di sisi lain, pastikan juga Mommy selalu memberikan anak konsekuensi saat anak berbohong dan berikan apresiasi pada kejujurannya.

Ajarkan Anak Mengenai Kepemilikan 

Saat Anak Ketahuan Mencuri, Ini yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.todaysparent.com/

Selanjutnya, bantulah anak untuk dapat memahami nilai kepemilikan suatu barang. Mommy dapat memulainya dengan membuatnya bertanggung jawab atas barang-barang yang dimilikinya sendiri. Selain itu, saat bermain bersama teman, ingatkan juga si kecil untuk mengembalikan barang yang dimiliki oleh temannya. Buatlah aturan tentang rasa hormat atas kepemilikan orang lain dengan selalu bertanya sebelum meminjam barang. 

baca juga

Kembalikan Barang Curian

Saat Anak Ketahuan Mencuri, Ini yang Harus Mommy Lakukan
source: https://nudatasecurity.com/

Apabila anak tertangkap mencuri, bimbinglah anak untuk pergi mengembalikan barang yang sudah dicurinya. Dampingi juga si kecil untuk meminta maaf kepada pemilik barang yang dicuri. Mommy juga bisa membantunya menuliskan surat permintaan maaf terlah mengambil barang tanpa izin. Dengan begitu, si kecil akan lebih paham bahwa apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

Tetapkan Konsekuensi

Saat Anak Ketahuan Mencuri, Ini yang Harus Mommy Lakukan
source: https://www.verywellfamily.com/

Untuk memberikan efek jera pada si kecil, pastikan Mommy juga menetapkan konsekuensi atas kesalahan yang dilakukannya. Jika seorang anak terus-menerus mengambil mainan favorit saudaranya tanpa izin, biarkan saudaranya yang menjadi korban untuk mengambil mainan kesukaannya juga. Dengan begitu ia akan tahu rasanya saat barang yang dimilikinya diambil secara sepihak tanpa izinnya.

baca juga

Tingkatkan Pengawasan

Saat Anak Ketahuan Mencuri, Ini yang Harus Mommy Lakukan
source: http://www.myk104.com/

Terakhir, untuk beberapa waktu awal setelah sebuah insiden pencurian terjadi, pastikan Mommy memberikan pengawasan ekstra pada anak saat ia berpergian kemana pun. Langkah ini sangat penting untuk mengurangi kemungkinan si kecil kembali mencuri insiden yang terakhir terjadi. Misalnya, jangan biarkan anak yang berusia 13 tahun berpergian ke toko tanpa pengawasan orang dewasa.