1. Kehamilan 34 Minggu Kepala/Pantat Janin Rendah

Janin terlilit tali usat terjadi pada usia kehamilan sekitar 34 minggu. Nah, pada usia kehamilan inilah bagian organ tubuh bayi rendah, entah kepala atau pantat. Sehingga, belum bisa sampai masuk ke dalam rongga perut.
 

1. Kehamilan 34 Minggu Kepala/Pantat Janin Rendah
source: http://erwinadr.blogspot.co.id



 

baca juga

2. Janin Sungsang atau Melintang

Salah satu penyebab bayi terlilit tali pusat karena posisi janin yang tidak benar alias sungsang/melintang. Posisi demikian menyebabkan terjadinya janin terlilit tali pusat. Kemudian akan di lakukan berbagai usaha, seperti memutar posisi bayi atau knee chest position.
 

2. Janin Sungsang atau Melintang
source: http://medicineworld.org



 

3. Detak Jantung Menurun

Nah, Moms perlu kamu pahami bahwa salah satu tanda-tanda janin terlilit tali pusat adalah detak jantung yang menurun. Penurunan detak jantung janin diikuti dengan kontraksi pada rahim. Kasus ini tidak hanya terjadi sekali melainkan berulang terus-menerus.
 

3. Detak Jantung Menurun
source: http://hamilplus.com



 

baca juga

4. Kesulitan Kelahiran

Saat janin terlilit tali pusat, kebanyakan kasus menyebabkan sulitnya proses persalinan. Meskipun kamu telah memasuki proses pembukaan sampai tahap akhir, tapi jika bayi kamu terlilit tali pusat maka sulit untuk melahirkan normal. Sehingga dokter akan menempuh operasi caesar.
 

4. Kesulitan Kelahiran
source: http://www.thehealthsite.com



 

5. Air Ketuban Berwarna Hijau

Umumnya pada kasus janin terlilit tali pusat air ketuban berwarna hijau. Perubahan warna ini disebabkan adanya tali pusat yang melilit tubuh bayi dalam kandungan kamu. Dengan demikian janin mengalami kekurangan oksigen di dalam perut, nah inilah yang menyebabkan warna ketuban yang seharusnya putih tapi menjadi hijau.
 

5. Air Ketuban Berwarna Hijau
source: http://www.5minutesatuer.com