Penyebab kurang tidur sebenarnya bukan sebatas banyaknya aktifitas ya Mom, tidak adanya jadwal tidur yang teratur selama beberapa hari akan membuat orang kesulitan mengawali tidur.

Selain itu, konsumsi kopi juga membantu tubuh makin terjaga. Walaupun tidak dikonsumsi mendekati waktu tidur, kafein masih akan tertinggal dalam sistem tubuh dalam 8-10 jam setelahnya. Sedangakn faktor lain adalah bermain gadget. Dengan bermain gadget otak dipaksa mengakses informasi hingga malam hari akibatnya rasa kantuk pun hilang. 

Kurang Tidur? Coba 3 Makanan Ini Moms Biar Tidur Makin Nyenyak

Makanan dan Minuman untuk Atasi Kurang Tidur

Mengubah pola hidup sangatlah penting untuk mengatasi kurang tidur, karena susah tidur sebenarnya berawal dari pola hidup yang tidak seimbang. Selain itu, juga perlu cara mengatasi kurang tidur yang tepat.

Misalnya, konsumsi makanan dan minuman untuk atasi kurang tidur seperti pisang. Kandungan magnesium dalam pisang mampu membantu tidur jadi nyeyak. Sebab, menurut sebuah studi di Journal of Orthomolecular Medicine, seseorang akan mengalami susah tidur jika kandungan magnesium dalam tubuhnya terlalu rendah.

Selain itu, pisang kaya akan potassium, sumber vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi melatonin untuk membantu siklus tidur. Otot-otot tubuh juga lebih rileks saat konsumsi pisang karena kandungan magnesium dan kalium, serta triptofan didalamnya.

Kurang Tidur? Coba 3 Makanan Ini Moms Biar Tidur Makin Nyenyak

Camilan sehat lain yang bisa dijadikan obat sulit tidur adalah kacang almond. Kacang almond adalah makanan yang paling ampuh untuk membuat cepat tertidur.

Kacang ini juga menyediakan protein yang tinggi untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Tingginya serat, protein, dan lemak tak jenuh di dalamnya menjadikan kacang almond kaya nutrisi baik untuk tubuh. Dan sama halnya pisang, kacang almond juga mengandung magnesium dan triptofan yang dapat membantu otot-otot tubuhmu menjadi lebih rileks untuk membantu badan merasa mudah mengantuk.

Nah, selain makanan seperti pisang dan kacang almond tadi, ada juga minuman untuk mengatasi susah tidur yaitu susu hangat. Minuman susu bukan hanya enak ya Moms, namun juga dilengkapi dengan nutrisi yang tinggi yang membantu tidur makin nyenyak.

Kandungan triptofan misalnya, mampu menghasilkan hormon serotonin, yang membantu tidur dengan pulas. Dan kandungan kalsium pada susu yang tinggi bermanfaat untuk mengurangi stres dan menyeimbangkan saraf-saraf otak. Jadi setelah minum susu hangat pikiran jadi lebih rileks dan badan akan lebih nyaman hingga akhirnya tidurpun akan nyenyak Moms.

Nah, sekarang tinggal cobain makan-minuman di atas ya Moms kalau masih kesulitan untuk tidur. Kalau tidur enggak terganggu terus pagipun tubuh akan lebih segar dan aktifitas makin lancar. Selamat tidur nyenyak ya Moms.