Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua

Luangkan waktu sejenak sebelum si kecil tidur untuk membacakan dongeng ya, Moms. Ternyata ini merupakan salah satu cara yang baik untuk mendekatkan hubungan orangtua dan anak. Mengapa demikian? Karena ketika Moms membacakan dongeng, maka proses komunikai antara orangtua dan anak akan terjalin meskipun si kecil masih bayi. Suara orangtua yang setiap hari didengarkan anak juga akan membuatnya merasa diperhatikan dan dicintai.

Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua
source: https://blog.ruangguru.com/

Memperkaya Kosakata Anak

Tahukah, Moms? Jika si kecil diajarkan membaca sejak bayi, maka si kecil akan memiliki kosakata yang lebih banyak dan kemampuan berhitung yang lebih baik. Semakin banyak kata yang si kecil dengar saat, maka semakin baik pula kemampuan bahasa mereka. Hal ini disebabkan otak si kecil akan terus dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda.

Memperkaya Kosakata Anak
source: https://pondokibu.com/
baca juga

Mengenal Objek

Ketika masih bayi, si kecil akan menangkap pola-pola sederhana dalam buku cerita. Jadi, ketika Moms mendongeng, otomatis Moms secara tidak langsung mengebalkan objek, kata, dan warna pada si kecil sejak dini. Objek yang dimaksud adalah bentuk karakter dan dihiasi dengan beragam warna cantik.

Mengenal Objek
source: https://dul.web.id/

Membantu Mengolah Emosi

Anak yang terbiasa mendengar dongeng sebelum tidur akan lebih mudah mengontrol emosinya. Karena anak akan memperhatikan dengan seksama bagaimana cara Moms menyampaikan emosi setiap tokoh, baik itu bahagia, marah, atau takut dengan ekspresi wajah dan suara yang berbeda. Dengan begitu si kecil belajar bagaimana cara meluapkan perasaan marah, sedih, dendam, rasa bersalah, dan bahkan malu.

Membantu Mengolah Emosi
source: https://id.theasianparent.com/
baca juga

Membantu Proses Bicara

Ketika Moms membacakan dongeng untuk si kecil, maka mereka akan menerima informasi dan mulai belajar tentang suara, bunyi, kata, juga kalimat. Anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan cerita sejak dini biasanya cenderung lebih cepat bisa berbicara dan menyampaikan keinginnnya. Jadi kebiasaan membacakan dongeng ini sangat membantu si kecil berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Membantu Proses Bicara
source: https://www.haibunda.com/

Nah Moms, ternyata banyak kan manfaat membacakan dongeng sebelum tidur untuk si kecil. Ada banyak dongeng yang bisa Moms pilih, diantaranya adalah

  • Si Kelinci yang Sombong dan Kura-kura
  • Singa dan Tikus
  • Si Kancil dan Kawanan Buaya
  • Kawanan Semut dan Belalang
  • Kisah Pohon Apel
  • Putri Berambut Merah dan Burung Berwarna Emas
  • Kisah Pangeran Katak
Dan masih banyak lagi cerita lain yang bisa Moms bacakan untuk si kecil. Jadi jangan bosan-bosan mencari referensi cerita dongeng ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat.