Playground merupakan area dimana anak-anak dapat melatih ketangkasannya, mulai dari berlari, memanjat, berayun, merangkak, berdiri ataupun kreativitas yang lain untuk menguji kekuatan dan kemandirian merena. Namun Moms, beberapa permainan playground yang ada sekarang memiliki ketinggian hingga lebih dari 3 kali lipat ukuran anak itu sendiri. Risiko terjatuh lebih besar karena ketidakhati-hatian dan kurangnya pengawasan orang tua.
 
Permainan-permainan dari bahan besi juga sering kali menciderai anak misalnya ketika terbentur, terlempar, atau terjepit. Jadi, Moms harus lebih berhati-hati. Agar anak tetap dapat bermain dengan riang dan mengembangkan kemampuannya, berikut tips aman anak bermain di playground.

Mencegah Cidera, Berikut Tips Aman Anak Bermain di Playground

Memilih Playground

  1. Pilihlah playground yang sesuai dengan usia anak. Hal ini sangat penting karena jenis permainan dan ukurannya juga lebih sesuai.
  2. Pilih lokasi dengan permukaan bersih dan empuk, misalnya beralas karpet atau pasir yang lembut.
 
Keamanan Area Bermain
  1. Periksa keamanan anak di area bermain. Misalnya jika anak ingin main ayunan, maka pastikan ayunan tersebut cukup kuat dan bahan materialnya lembut seperti karet atau plastik. Beritahu anak dan pastikan mereka menjaga jarak aman dengan ayunan atau permainan lainnya yang memungkinkan cidera.
  2. Awasi adanya lubang yang sangat besar dan kemungkinan si anak dapat menjebak di sana.
  3. Hindari arena yang terlalu ramai karena berkemungkinan luput dari perhatian Moms saat bermain
  4. Ajarkan bagaimana menggunakan peralatan mainan secara aman
Mencegah Cidera, Berikut Tips Aman Anak Bermain di Playground

Persiapan dan Pembekalan Anak Bermain

  1. Pakaian baju yang pas dan nyaman sehingga anak dapat bergerak dengan leluasa saat bermain.
  2. Beri pengertian pada anak agar tidak mencelakai teman bermainnya, misalnya mendorong, mencubit, memukul, atau permainan yang membahayakan temannya.
  3. Katakan pada anak agar menolak pemberian makanan atau minuman dari orang asing. Lebih baik membawa bekal sehingga tidak perlu kerepotan ketika anak mulai lapar.
  4. Buat kesepakatan agar anak main satu atau dua permainan saja atau dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar anak tahu kapan harus berhenti bermain. 
baca juga
Mencegah Cidera, Berikut Tips Aman Anak Bermain di Playground

Pengawasan Orang Tua

  1. Jangan meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan. Pastikan Moms atau Dads selalu mengawasi saat anak bermain. Jika menggunakan jasa ART, pastikan orang tersebut mengetahui hal-hal tadi.
  2. Simpan handphone agar lebih fokus untuk mengawasi anak.
  3. Jika anak terlibat perkelahian dengan temannya, bersikaplah tenang dan jangan ikut terbawa emosi.
  4. Batasi penggunaan kartu ulang permainan agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untu playground anak.
  5. Jika area playground tertutup dan tidak bebas keluar masuk, Moms titipkan ke petugas dan tinggalkan nomor telepon.

 
Nah Moms, saat bermain memang tetap harus memerhatikan rasa nyaman dan aman di mana pun anak berada. Selain anak senang, mereka juga akan belajar banyak hal. The Benefits of Playgrounds, sebuah jurnal penelitian telah menunjukkan bahwa playground merupakan suatu tempat yang berperan penting untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan motorik anak.