1. Embal

1. Embal

Sekilas seperti waffle ya, Moms? Tapi ternyata, itu namanya embal. Embal merupakan makanan khas Suku Kei yang ada di Kota Tual. Embal berbahan dasar singkong, sehingga peruntukannya memang untuk menjadi makanan pokok pengganti nasi yang sangat nikmat jika dimakan dengan ikan asar yang juga khas Suku Kei. Bagaimana rasanya? Tawar, sehingga embal sangat bisa untuk dimakan bersama lauk apapun. Embal pun memiliki beragam jenis, mulai dari embal original hingg embal kacang. Wajib di coba nih Moms.

2. Ikan Asar

2. Ikan Asar

Ikan asar, sebutan lain dari ikan asap. Mayoritas kekayaan alam yang ada di Kota Tual adalah kekayaan laut, tak heran jika hasil ikannya sangat banyak. Biasanya masyarakat di sana memanfaatkannya menjadi ikan asap yang sangat cocok di makan dengan embal singkong yang mana merupakan makanan khas di sana. Ikan asar ini dapat berasal dari berbagai ikan, biasanya ikan asar terbuat dari ikan tongkol, tenggiri, makarel dan lain-lain.

baca juga

3. Lad

3. Lad

Lad atau tumis rumput laut adalah masakan khas Suku Kei di Kota Tual. Lad sangat nikmat untuk dijadikan lauk pauk. Tekstur rumput laut yang crunchy bisa membuat Moms ketagihan. Selain enak, rumput laut juga sangat tinggi kandungan protein dan seratnya. Biasanya lad terdiri dari rumput laut yang ditumis dengan bawang merah, putih dan cabai. Bisa juga ditambah parutan kelapa sehingga akan terlihat seperti urap.

4. Sirsir

4. Sirsir

Bunga pepaya dan daun singkong ditumis jadi satu bagaimana rasanya? Tumisan tersebut biasa di sebut sirsir. Masyarakat di Kota Tual sangat pandai lho Moms mengolah bunga pepaya dan daun singkong sehingga rasanya tidak pahit sama sekali. Biasanya sirsir ini ditambah dengan ikan teri yang membuat tumisan menjadi lebih kaya rasa. Wajib banget nih Moms coba tumisan sirsir yang sehat dan mengenyangkan ini.