Ubah Posisi Menyusui

Jika si kecil mengalami cegukan ketika sedang menyusu, sebaiknya Moms ubah posisi menyusui si kecil. Karena saat menyusui sering kali udara juga ikut masuk ke mulut bayi, inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan. Jika cegukan masih terjadi meski Moms sudah mengubah posisi menyusi, sebaiknya hentikan sementara proses menyusui, karena kemungkinan besar bayi akan tersedak.

Ubah Posisi Menyusui
source: https://perawatanbayi.com/

Menyusui dengan Posisi yang Benar

Posisi menyusui yang benar adalah puting beserta areola (bagian kulit berwarna lebih gelap yang melingkari puting) masuk ke mulut bayi, diikuti perut bayi berhadapan langsung dengan perut kamu. Jika sudah begitu, bayi pun bisa menerima ASI secara perlahan, jadi cegukan pun tak akan terjadi. Posisi menyusui Mommies selama ini sudah benar belum?

Menyusui dengan Posisi yang Benar
source: https://www.alodokter.com/
baca juga

Peluk Bayi

Memeluk bayi mampu memberi ketenangan saat tubuh mungilnya harus mengalami cegukan yang sedikit mengganggu. Lakukan sembari mengusap lembut punggung bayi ya, Moms. Bayi akan berhenti cegukan dan kembali dalam keadaan normal.

Peluk Bayi
source: https://travel.tribunnews.com/

Menepuk Punggung Bayi

Cara lain mengatasi cegukan pada bayi baru lahir adalah dengan menepuk punggung bayi. Gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya di pundak Mommies, lalu tepuk tepuk punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa. Cara ini dipercaya ampuh menghentikan cegukan dengan cepat.

Menepuk Punggung Bayi
source: https://www.motherandbaby.co.id/
baca juga

Jangan Terlalu Banyak Memberikan Makanan

Jika si kecil sudah mulai memasuki tahapan Mpasi, alangkah baiknya berikan makanan sedikit demi sedikit dan secara perlahan untuk menghindari cegukan. Jadi si kecil tidak akan terburu-buru saat harus menelan makanan tersebut. Namun jika cegukan yang disertai muntah terjadi, segera bawa ke dokter ya Moms. Karena biasanya hal ini menandakan bayi sedang mengalami masalah pada perut.

Jangan Terlalu Banyak Memberikan Makanan
source: https://kumparan.com/

Mommies, itu tadi 5 cara mengatasi cegukan pada bayi lahir yang bisa Moms praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba ya, Moms.