Cara mengatasi puting lecet saat menyusui bayi
Puting lecet saat menyusui biasanya terjadi di minggu pertama setelah melahirkan. Sebagian Moms mengalami lecet ringan yang membaik dalam beberapa hari. Namun, ada pula yang mengalami lecet hingga berminggu-minggu lamanya. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cara menyusui yang salah hingga infeksi.

Puting Lecet Saat Menyusui? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Aman untuk Bayi
source: http://asibayi.com/arsip/ardo-gold-cream-untuk-mengatasi-puting-yang-lecet-saat-menyusui/

Agar Moms bisa menyusui si kecil dengan nyaman dan tanpa rasa sakit, berikut adalah beberapa cara mengatasi puting lecet yang bisa Moms lakukan:

Oleskan ASI
ASI mengandung anti-bakteri yang bisa mengobati puting lecet, hingga mengurangi rasa sakit dan membuatnya mengering. Oleskan beberapa tetes ASI pada puting lecet dengan lembut sebelum dan sesudah menyusui, kemudian angin-anginkan hingga kering.

Puting Lecet Saat Menyusui? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Aman untuk Bayi
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3114447/kiat-menyusui-bayi-saat-puting-lecet

Biarkan puting mengering setelah menyusui
Biarkan puting yang lecet mengering karena terkena udara sebelum Moms menggunakan bra dan pakaian kembali. Hal ini agar puting yang lecet dan masih basah tidak terkena gesekan yang dapat mengakibatkan infeksi. Hindari pemakaian sabun atau antiseptik karena membuat puting semakin kering dan menimbulkan lecet.

baca juga

Kompres hangat
Menggunakan handuk yang telah dicelup air hangat ke payudara sebelum menyusui, bisa mengurangi rasa sakit di puting yang lecet. Selain itu, juga membersihkan area puting dan meningkatkan produksi ASI. Moms juga bisa mandi dengan air hangat agar efeknya lebih terasa di sekujur tubuh.

Puting Lecet Saat Menyusui? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Aman untuk Bayi
source: https://nakita.grid.id/read/025347/metode-pijat-payudara-saat-hamil-ini-wajib-dicoba-agar-produksi-asi-lancar?page=all

Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun adalah pelembab alami yang dapat mengurangi perih pada puting yang lecet, serta aman pula jika terjilat bayi. Selain itu Moms juga bisa menggunakan minyak alami lainnya, seperti minyak kelapa atau minyak almond yang bisa mengurangi kekeringan karena melembabkan area puting yang lecet. Minyak pohon teh juga bisa digunakan. Kandungan antiseptiknya mengobati puting lecet lebih cepat, dan mencegah masalah lain yang bisa menghambat pemulihan dari puting yang sakit.

Mengonsumsi makanan sumber vitamin C

Puting Lecet Saat Menyusui? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Aman untuk Bayi
source: https://www.google.co.id/amp/s/santinorice.com/buah-dengan-kandungan-vitamin-c/amp/

Vitamin C tidak hanya bagus untuk mencegah batuk dan pilek, tapi juga membantu mencegah infeksi dalam tubuh dan akan membantu menyembuhkan kulit yang sakit lebih cepat. Hal ini berarti meningkatkan asupan vitamin C bisa mengobati puting lecet. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, rapsberi lemon.

Nah, berikut tadi cara alami yang bisa mengurangi rasa sakit ketika puting Moms lecet saat menyusui. Namun, apabila rasa nyeri masih mengganggu dan puting mengeluarkan nanah, segera hubungi dokter untuk dapat segera ditangani.