Amankah Teh untuk Anak-anak?

Aturan Minum Teh untuk Anak-anak, Kapan Waktu yang Tepat Memberikannya?
source: https://www.momjunction.com/

Pertanyaan pertama yang tersirat saat akan memberikan teh pertama kali untuk si kecil adalah apakah teh benar-benar aman jika diberikan pada anak-anak? Jawabannya tergantung pada jenis teh yang akan diberikan. Para dokter biasanya akan merekomendasikan anak-anak untuk meminum teh hijau atau teh herbal, dan bukan teh tradisional berkafein.

Teh hijau merupakan minuman sehat yang mengandung unsur-unsur antioksidan yang disebut catechin. Kerja dari Catechin ini adalah dengan melindungi si kecil dari infeksi kuman. Catechin juga dapat membantu mengatasi gigi berlubang dan menjaga kesehatan jantung pada anak-anak.
 

Seberapa Banyak Anak Boleh Minum Teh?

Aturan Minum Teh untuk Anak-anak, Kapan Waktu yang Tepat Memberikannya?
source: https://www.parents.com/

Sebelum memberikan teh pada si kecil, Mommy akan lebih dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak sehingga Mommy bisa mendapatkan informasi tentang dosis yang tepat. Meskipun ituteh tidak berdampak serius bagi anak-anak, Mommy akan lebih disarankan untuk menghindari memberikan teh kecil kepada anak dengan usia di bawah 1 tahun.
 

baca juga

Cara Menyajikan Teh untuk Anak-anak

Aturan Minum Teh untuk Anak-anak, Kapan Waktu yang Tepat Memberikannya?
source: https://www.shutterstock.com/
  1. Pastikan untuk menyiapkan teh yang ringan tanpa kandungan kafein untuk anak-anak. 
  2. Saat membuat teh, biasanya orang dewasa akan menyeduh teh selama 5-6 menit dalam air mendidih. Namun, khusus untuk anak-anak, Mommy hanya perlu merendamnya selama selama 2-3 menit.
  3. Jika teh terlihat begitu cokelat atau hitam, tambahkan air saat menyiapkan teh. Dengan cara ini kandungan teh akan menjadi ringan sehingga aman untuk anak-anak. 
  4. Saat menyajikan teh untuk anak, pastikan suhu teh sudah cukup sejuk atau bahkan dingin. 


Kapan Anak Boleh Minum Teh?

Aturan Minum Teh untuk Anak-anak, Kapan Waktu yang Tepat Memberikannya?
source: http://www.havingfunathome.com/

Lalu, kapan sebenarnya anak sudah diperbolehkan untuk minum teh? Amannya sudah bisa memberikan teh pada anak saat ia sudah memasuki usia 2 tahun. Namun, ingatlah bahwa di usia 1 tahun ke bawah, teh tidak boleh diberikan pada anak-anak.