Komunikasikan dengan Pasangan

Saat Mertua Menjadi Sangat Sensitif, Ini Tips Menghadapinya
source: https://www.aplaceformom.com/

Sangat penting bagi Mommy untuk dapat mengatasi masalah mertua dengan membicarakannya pada suami. Ini bukanlah soal Mommy dan mertua, tapi tentang kalian dan sang ibu atau ayah. Sebagai sepasang suami istri, kalian harus kompak untuk bisa menempatkan diri dan menjaga komunikasi baik dengan orangtua. Apalagi jika mempertimbangkan salah satu dari mertua memiliki karakter yang sensitif. 
 

Selalu Posisikan Diri Netral

Saat Mertua Menjadi Sangat Sensitif, Ini Tips Menghadapinya
source: https://www.jw.org/

Dalam segala situasi, ada baiknya Mommy selalu menempatkan diri berada dalam posisi yang netral. Apalagi jika sang mertua tampak memiliki tendensi berlebih pada satu sisi. Pastikan Mommy menghindari perdebatan untuk menyanggah mertua saat memiliki pengetahuan dan pendapat yang berbeda. Sebut saja saat akan menyajikan makanan kesukaan suami. Bisa jadi mertua ingin menunjukkan bahwa ia tahu segalanya tentang anaknya. Biarkan saja, meskipun sebenarnya Mommy tahu apa yang sesungguhnya dipesan oleh suamimu.
 

baca juga

Hindari Interaksi Terlalu Dekat

Saat Mertua Menjadi Sangat Sensitif, Ini Tips Menghadapinya
source: https://www.huffingtonpost.com/

Jaga hubungan berada dalam ikatan yang "biasa saja". Jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Ikatan yang terlalu jauh tentu akan membuat Mommy tampak sangat asing sebagai seorang menantu. Namun, ikatan yang terlalu dekat juga berisiko menciptakan konflik yang sulit untuk diselesaikan. Berada dalam hubungan yang biasa saja akan menjaga Mommy berada dalam situasi yang aman.
 

Bicaralah yang Baik atau Diam

Saat Mertua Menjadi Sangat Sensitif, Ini Tips Menghadapinya
source: https://www.familylife.com/

Terakhir, pastikan untuk selalu menjaga sikap dan bicara saat bersama dengan mertua. Ini memang akan terasa sulit, tetapi komunikasikan dengan pasangan agar ia juga bisa membantu menciptakan kondisi yang lebih "aman". Tidak ada yang lebih buruk daripada memicu konflik dari seseorag yang sensitif karena segalanya akan menjadi salah dan tidak masuk akal. Jadi, jagalah hubungan tetap berada dalam ikatan yang netral.

Ingat, perbanyaklah bersabar. Sebuah hal yang wajar jika seorang mertua, khususnya ibu mertua, merasakan cemburu saat anak laki-lakinya bersama dengan perempuan lain. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan suamimu untuk memperhatikan ibunya.