Namun memanjangkan rambut sering membuat wanita kesulitan dan menimbulkan frustasi. Tak perlu khawatir, Moms bisa mencoba memanjangkan rambut dengan cara alami hanya dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi ini:

Zat Besi

Jenis makanan yang kaya kandungan zat besi yaitu daging merah, biji-bijian (seperti wijen dan chia seeds), dan produk makanan berlabel whole grain (produk olahan dari gandum utuh). Akan membantu Moms memanjangkan rambut dan menyehatkannya. Hal ini karena kurangnya zat besi bisa mengurangi kekuatan rambut  sehingga mudah rontok dan rapuh.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme. Selain itu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu Moms memanjangkan rambut.

Zat nutrisi ini bisa ditemukan pada ikan berlemak (seperti salmon, patin, dan tuna), kacang-kacangan (seperti kenari, almond, dan kacang koro), dan buah avokad. Asam lemak omega-3 berguna memelihara hormon pertumbuhan serta mencegah kekeringan pada kulit dan akar rambut.

Asam Lemak Omega-3
baca juga

Zinc

Zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini memiliki beragam manfaat, seperti membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat.

Jenis makanan yang banyak mengandung zinc adalah makanan laut (seafood), daging merah, biji-bijian, kacang-kacangan, serta produk pangan whole grain atau yang telah difortifikasi dengan zinc seperti zat besi. Mengonsumsi makanan yang mengandung zinc juga dapat memberi manfaat dalam menguatkan rambut. Sehingga membuat rambut Moms tidak mudah patah sebelum tumbuh panjang dan akan membantu proses pemanjangan rambut.

Zinc

Biotin

Biotin adalah vitamin larut air yang memiliki peran dalam pertumbuhan rambut, meningkatkan kesehatan, dan mencegah rambut rontok. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah kuning telur, kembang kol, pisang, jamur, kacang tanah, dan keju. Biotin banyak digunakan sebagai zat campuran dalam produk perawatan rambut, karena membantu pertumbuhan serta menguatkan rambut Moms.

Biotin