Buah Alpukat telah menjadi bahan kecantikan sejak lama. Manfaatnya tak hanya dapat dirasakan dengan mengonsumsi buahnya. Hal ini terlihat dari banyaknya produk skincare yang menjadikan buah alpukat sebagai bahan utama. Kini Moms juga dapat merasakan segudang manfaat Alpukat dalam bentuk minyak atau essential oil. Dihasilkan dari ekstraksi buah alpukat, minyak Alpukat tak kalah bagus dengan minyak zaitun lho.

Berikut 5 manfaat minyak alpukat:

1. Mengatasi Dan Mencegah Jerawat

Bagi Moms yang memiliki wajah rentan berjerawat, minyak Alpukat bisa menjadi pilihan. Moms dapat menggunakannya dengan cara dioleskan pada wajah. Diamkan hingga beberapa saat. Lalu bilas dengan air hangat, untuk menghilangkan kesan berminyak pada wajah. Mengandung senyawa anti radang, minyak Alpukat efektif menghilangkan jerawat pada wajah Moms. Senyawa tersebut membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada wajah yang berjerawat.
 

1.	Mengatasi Dan Mencegah Jerawat
baca juga

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak Alpukat juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu menunjukkan kandungan lemak esensial dan asam oelat pada alpukat mempercepat sintesis kolagen. Hal ini dapat membantu menutup luka terbuka. Asam lemak pada Alpukat juga turut berperan mengurangi peradangan. Sehingga luka menjadi lebih cepat sembuh. Meski demikian, Moms harus tetap membaca petunjuk penggunaan minyak pada kemasan. Jika perlu Moms bisa berkonsultasi pada petugas kesehatan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

3. Mengurangi Peradangan

Bukan lagi rahasia jika kandungan Alpukat memiliki sumber vitamin E dan antioksidan yang besar. Kandungan ini efektif mengurangi peradangan yang ditimbulkan psoriasis dan eksim. Kelembapan yang ditimbulkan dari olesan minyak Alpukat dapat mengatasi kulit kering, iritasi dan bersisik. Akan tetapi sebelum mengoleskannya pastikan Moms tidak memiliki alergi atas penggunaan minyak tersebut. Jika perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter kulit ya, Moms.
 

3. Mengurangi Peradangan
baca juga

4. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya bercak cokelat pada kulit menjadi masalah besar bagi wanita. Salah satu tanda penuaan dini ini tentu mengurangi kecantikan kulit pada wajah. Untuk mengatasinya Moms dapat mengonsumsi lemak sehat yang terdapat pada Alpukat. Moms juga dapat mengoleskan minyak Alpukat. Kandungan sterolin efektif hilangkan bercak coklat tersebut. Selain itu, kandungan lesitin pada minyak Alpukat juga dipercaya menjadi salah satu komponen penting untuk mengantarkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit lebih dalam.
 

4. Mencegah Penuaan Dini

5. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain minyak kelapa, minyak Alpukat nyatanya juga efektif untuk mengatasi kulit kepala bermasalah. Ketombe dan masalah lainnya yang ditimbulkan kulit kering dan bersisik dijamin hilang. Selain itu juga dapat mengembalikan kesehatan rambut akibat pewarnaan dan treatment rambut lainnya. Caranya mengaplikasikannya mudah, cukup oleskan minyak Alpukat pada akar hingga ujung rambut. Kemudian tutup rambut dengan handuk, agar minyak menyerap secara maksimal. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.
 

5. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala