Setiap ibu hamil pasti ingin lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuhnya, terutama area miss v. Tapi berbagai masalah justru bisa timbul ketika hamil, salah satunya yaitu miss v  gatal. Gatal pada area miss v saat hamil sebenarnya adalah wajar, hal tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi cairan vagina akibat lonjakan hormon yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit vulva. Meskipun wajar, gatal pada vagina saat hamil dapat dicegah dengan cara merawat miss v dengan tepat. 

Cegah Gatal pada Miss V Saat Hamil, Ini Cara Sederhana Merawatnya

Cara Merawat Miss V Saat Hamil

Miss v yang gatal pada saat hamil sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus selama gatal yang terjadi masih dalam kondisi wajar, seperti vagina tidak berbau dan keputihan atau cairan yang keluar tidak berwarna kuning atau kehijauan. Selama hamil miss v dapat dirawat dan dijaga agar tidak timbul rasa gatal dengan beberapa cara berikut.

Cara Merawat Miss V Saat Hamil
baca juga

Hindari Pakaian Dalam yang Tak Menyerap Keringat

Hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga area miss v adalah bahan celana dalam. Bahan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan bisa menyerap keringat selain nyaman digunakan juga dapat mencegah rasa gatal pada miss v saat hamil. Pilih celana dalam dengan bahan katun, hindari bahan seperti lycra dan spandex yang dapat memerangkap kelembaban dan justru bisa menimbulkan rasa gatal.

Hindari Pakaian Dalam yang Tak Menyerap Keringat

Jaga Kebersihan Miss V

Menjaga kebersihan miss v adalah suatu keharusan, dan pada saat hamil kebersihan area miss v yang terjaga bisa menghindarkan masalah kehamilan seperti gatal pada miss v. cara menjagan kebersihan miss v saat hamil bisa dilakukan dengan senantiasa menjaganya kering. Segera ganti celana dalam ketika terkena cairan keputihan dan selalu keringkan vagina dengan tisu atau handuk lembut setelah buang air besar maupun kecil.

Jaga Kebersihan Miss V
baca juga

Basuh Area Miss V dari Depan ke Belakang

Selain cara mengeringkan yang tepat, cara membersihkan atau membasuh vagina juga harus dilakukan dengan tepat, yaitu dengan membasuhnya dari depan ke belakang. Membasuh vagina dari belakang ke depan berisiko memindahkan bakteri dari anus ke vagina sehingga bisa menimbulkan masalah seperti vagina gatal.

Basuh Area Miss V dari Depan ke Belakang

Hindari Produk Pembersih Kewanitaan yang Mengandung Parfum

Moms mungkin berfikir menjaga kebersihan area miss v harus dengan menjaganya tetap wangi. Di pasaran memang tersedia berbagai sabun khusus miss v yang memiliki berbagai kandungan seperti parfum. Tapi sebaiknya saat hamil hindari produk pembersih kewanitaan yang mengandung parfum, selain dapat membuat PH pada miss v menjadi tidak seimbang, pembersih kewanitaan yang mengandung parfum juga dapat membuat miss v kering dan menjadi semakin gatal.

Minum Banyak Air Putih

Meminum banyak air putih selain dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi juga dapat menghindarkan ibu hamil dari masalah gatal pada miss v. Meminum lebih banyak air akan membantu ibu hamil untuk buang air kecil secara teratur sehingga dapat mengeluarkan penyebab infeksi vagina melalui air kemih.

Minum Banyak Air Putih