Tidur dengan nyaman dan berkualitas adalah keinginan semua orang. Dan salah satu faktor penentu kualitas tidur adalah sarana dan prasarana kebutuhan tidur seperti kasur yang empuk dan bersih, kamar yang sejuk, dan tentu saja bantal. Kebanyakan orang tidak bisa tidur tanpa menggunakan bantal karena penggunaan bantal saat tidur sudah menjadi tradisi dan telah dilakukan sejak bayi. Menggunakan bantal saat tidur memang nyaman, tapi ternyata tidur tanpa bantal juga bisa memberikan manfaat loh moms.

Jarang Diketahui, Tidur Tanpa Bantal Ternyata Punya 7 Manfaat Tak Terduga

Mencegah Nyeri Leher

Penggunaan bantal dituduh sebagai penyebab utama sakit pundak dan leher. Meskipun untuk penyembuhannya dibutuhkan stretching dan penggunaan pemanas, tapi tidur tanpa bantal adalah salah satu metode ampuh untuk menghilangkan sakit leher. Bagi moms yang sudah terbiasa menggunakan bantal saat tidur, bisa menghilangkan kebiasaan ini dengan cara mengurangi ketebalan bantal secara perlahan guna mengurangi sakit leher.

Mencegah Nyeri Leher
baca juga

Mencegah Jerawat dan Kerutan di Wajah

Orang yang tidur tanpa bantal tidak akan menekankan wajahnya ke dalam bantal, sehingga memiliki risiko yang lebih rendah untuk mendapatkan kerutan di wajah. Selain itu kebiasaan buruk seperti jarang mengganti sarung bantal juga dapat menyebabkan masalah jerawat karena banyaknya bakteri pada bantal. Jadi tidur tanpa bantal bisa membuat wajah moms bebas kerutan dan terhindar dari jerawat.

Mencegah Jerawat dan Kerutan di Wajah

Mencegah Stres

Tidur dengan bantal yang tidak nyaman bisa menimbulkan kegelisahan karena moms akan terus mengubah posisi untuk mencari yang paling nyaman. Jika berlangsung secara terus menerus hal ini bisa membuat stres karena moms tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Jadi daripada kesulitan mencari bantal tidur yang nyaman sebaiknya moms tidur tanpa menggunakan bantal. 

Mencegah Stres
baca juga

Memperbaiki Kualitas Tidur

Penggunaan bantal pada saat tidur sebenarnya bisa mengurangi kualitas tidur karena tubuh tidak berada pada posisi alami dan normal. Menyingikirkan bantal, apalagi yang memiliki ketebalan berlebih justru dapat meningkatkan kualitas tidur, karena pada dasarnya tubuh lebih nyaman berada dalam posisi alami, yaitu sepenuhnya hanya terbaring pada bidang datar. 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Meningkatkan Daya Ingat

Kualitas tidur yang baik dan cukup akan meningkatkan kreativitas dan daya ingat seseorang. Dan tidur yang berkualitas bisa didapat dengan tanpa menggunakan bantal. Tidur tanpa bantal akan membuat moms lebih tertidur lebih nyenyak, hal ini tentu dapat memberikan manfaat mental dan fisik seperti meningkatnya daya ingat.

Meningkatkan Daya Ingat

Baik untuk Tulang Belakang

Saat moms tidur tanpa menggunakan bantal, maka posisi tulang belakang atau punggung akan sepenuhnya berada pada kurva alami dari tubuh. Sedangkan jika menggunakan bantal, apalagi yang terlalu tinggi, bisa memungkinan lokasi tulang punggung berubah dan saat bangun punggung akan terasa nyeri. Jadi jika moms sering mengalami sakit punggung, bisa jadi itu karena penggunaan bantal.

Baik untuk Tulang Belakang

Mencegah Sindrom Kepala Datar pada bayi

Sindrom Kepala Datar atau Flat Head Syndrom rentan dialami bayi karena posisi tidur yang tidak tepat di atas bantal. Kepala bayi yang masih lunak bisa mengalami kelainan bentuk akibat penggunaan bantal yang salah. jadi sebaiknya untuk mencegah sindrom ini moms membiarkan bayi tidur tanpa bantal demi menjaga posisi alami kepala bayi.

Mencegah Sindrom Kepala Datar pada bayi