Perlengkapan Bayi

Barang-barang perlengkapan bayi ini tentu tidak boleh ketinggalan ya, Moms. Apa saja sih perlengkapan bayi yang harus dibawa saat traveling?

  • Popok, ini wajib bawa banget ya, Moms. Tapi jangan membawa popok terlalu banya. Bawa secukupnya saja. Jika ternyata di tengah perjalanan popok habis, Mommies bisa membelinya di minimarket terdekat. Jadi isi koper tidak hanya penuh oleh popok, kan?
  • Perlak, agar Mommies tidak kerepotan saat mengganti popok, perlak akan sangat berguna agar Moms bisa mengganti popok dimana saja, jadi nggak perlu cari alas lagi kan Moms.
Perlengkapan Bayi
source: https://babyluna.id/
  • Peralatan Mandi, peralatan mandi bayi juga harus dibawa ya, Moms. Bawa alat mandi standar saja seperti handuk, sabun (2in1 dengan shampo), sikat gigi, dan minyak telon.
  • Lotion anti nyamuk, karena nyamuk bisa muncul dimana saja, maka untuk mengantisipasi tempat wisata yang banyak nyamuk, Moms wajib menyediakan lotion anti nyamuk agar anak bebas gigitan nyamuk selama traveling.
  • Stroller/Baby Carrier, stroller atau baby carrier akan memudahkan Moms membawa si kecil kemana-mana. Si kecil juga tidak akan capek karena harus berjalan.

Baju Bersih

Kalau barang yang satu tentu Moms sudah menyiapkan betul ya, Moms. Sebaiknya Moms membawa baju yang sesuai dengan tujuan wisata Mommies. Jika Moms ingin pergi ke pantai sebaiknya Moms membawa baju sleeveless dan baju renang. Namun jika Moms ingin berwisata ke daerah pegunungan, Moms harus membawa sweater dan baju lengan panjang agar si kecil tidak kedinginan. Agar koper tidak terlalu berat, bawa baju secukupnya, jika mau melebihkan baju, lebihkan sekitar 2-3 baju cadangan.

Baju Bersih
source: https://www.mpasi.org/
baca juga

Botol Minum dan Alat Makan

Biasakan bawa peralatan makan dan minum bayi milik sendiri ya, Moms. Tapi bawa sekedarnya saja. Misalnya bawa satu botol minum dan satu alat makan saja. Jangan lupa juga membawa tempat makanan yang berfungsi untuk menyimpan makanan si kecil yang masih tersisa. Jadi makanan tadi bisa dimakan lagi nanti. Kan bayi biasanya tidak makan terlalu banyak.

Botol Minum dan Alat Makan
source: https://www.tokopedia.com/

Makanan Instan

Jika si kecil sudah memasuki usia Mpasi, sebaiknya Moms membawa makanan instan. Karena jika harus menyiapkan makanan yang harus dimasak terlebih dahulu, tentu cukup merepotkan. Namun sebenarnya, Mommies bisa kok membeli makanan untuk si kecil di hotel atau restoran tempat Moms menginap. Untuk camilan si kecil, Moms bisa membeli buah atau biskuit bayi di minimarket terdekat. Makanan instan ini hanya cadangan ya Moms jika ternyata tempat Moms menginap jauh dari minimarket.

Makanan Instan
source: https://www.tokopedia.com/
baca juga

Obat-obatan

Ini paling penting nih, Moms. Cuaca yang tidak menentuk saat traveling bisa membuat kondisi si kecil drop selama perjalanan. Untuk itu obat-obatan merupakan salah satu perlengkapan wajib dibawa saat traveling bersama bayi. Setidaknya Moms bisa segera memberikan pertolongan pertama pada si kecil saat sakit dalam perjalanan. Bawa obat-obatan standart saja, seperti obat penurun panas, obat diare, obat muntah. Namun sebelum berangkat traveling Moms harus memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan si kecil ya, Moms.

Obat-obatan
source: https://review.bukalapak.com/

Moms itu tadi 5 perlengkapan bayi wajib bawa saat traveling. Catat betul-betul, jangan sampai ada yang tertinggal ya, Moms. Happy Traveling, Mommies!