Kesehatan mata harus dijaga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin. Selama ini, makanan yang baik untuk kesehatan mata yang banyak orang ketahui adalah wortel. Wortel mengandung beta karoten jenis vitamin A. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, C, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi makanan yang baik untuk kesehatan mata tidak hanya wortel, banyak makanan yang memiliki kandungan gizi yang memenuhi nutrisi mata, moms.

Tomat

Tomat mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan retina dan meningkatkan penglihatan mata moms. Masalah kesehatan mata lainnya seperti terkena radiasi UV juga bisa dipulihkan dengan rutin mengonsumsi tomat setiap hari, karena makanan ini mengandung likopen yang baik untuk kesehatan mata. 

Tomat
baca juga

Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau seperti bayam baik untuk mengurangi risiko terkena degenerasi makula dan katarak yang biasanya menyerang mata.

Sayuran Hijau

Kacang-Kacangan

Jenis makanan lainnya sebagai pengganti wortel yang baik bagi mata yakni kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E. kacangan-kacangan bagus dikonsumsi untuk mata terlebih oleh manula yang biasanya sudah mulai mengalami masalah pada matanya seperti rabun.

Kacang-Kacangan
baca juga

Telur

Sama seperti sayuran hijau, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu mengurangi masalah kesehatan mata ketika usia semakin bertambah. Selain lutein dan zeaxanthin, telur mengandung vitamin C, E, dan zink.

Telur

Daging

Daging sapi maupun ayam menjadi sumber yang penting bagi kesehatan mata. Pasalnya daging mengandung zink yang mencegah mata mengalami degenarasi makula. Kesehatan retina sekaligus jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina pun terjaga. Bisa dikatakan pula daging menjadi sumber yang baik untuk menjaga kesehatan mata jangka panjang.

Daging

Ikan Salmon

Asam lemak yang terkandung di dalam ikan salmon sangatlah tinggi. Asam lemak sangat dibutuhkan retina mata agar. Kekurangan asam lemak bisa menyebabkan terkenanya sindrom mata. Tidak hanya ikan salmon yang menjadi sumber makanan yang baik untuk mata, ada pula ikan asin dan ikan tuna, moms.

Ikan Salmon

Alpukat

Banyak manfaat yang didapatkan dari memakan alpukat, karena selain dapat mengatur tekanan darah, alpukat mampu menjaga kesehatan mata. alpukat mengandung lemak tak jenuh, lutein, zeaxanthin, kalium, vitamin K, B6, dan E. Sehingga dengan mengonsumsi alpukat moms bisa terhindar dari penyakit degenerasi makula dan katarak, sekaligus meningkatkan penyerapan karotenoid pada mata.

Alpukat