Gula Darah

Gula darah merupakan sumber energi bagi tubuh yang didapatkan dari makanan pokok seperti karbohidrat, gandum dan sebagainya. Jika asupan tidak memenuhi kebutuhan tubuh maka moms akan mengalami gula darah rendah atau biasa disebut dengan hipoglikemia. Yaitu keadaan dimana tubuh kekurangan gula dalam darah. Akibat yang ditimbulkan pun beragam moms. Tergantung dari jumlah kadar gula dalam darah seseorang, jika terlampau rendah bisa jadi penderita akan tidak sadarkan diri. 

Gula Darah

Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes yang disebabkan oleh obat penurun gula atau bisa jadi pada yang bukan penderita diabetes. Yang jelas, dalam kondisi ini penderita akan mengalami berbagai keluhan. Nah moms, berikut beberapa tanda gula darah rendah yang wajib kamu ketahui.

Ciri-ciri Gula Darah Rendah

Sebagaimana beberapa penyakit biasanya, pada penderita gula darah rendah juga akan mengalami beberapa keluhan yang jarang disadari. Karena biasanya keluhan ini terjadi secara tiba-tiba. 

Adapun tanda-tanda jika moms mengalami gula darah rendah seperti mudah lapar, mudah marah, sulit berkonsentrasi atau kurang fokus, mudah lelah, dan bahkan bisa tidak sadarkan diri. 

baca juga

Kurang Konsentrasi

Gula darah rendah disebabkan karena kurangnya asupan pada tubuh atau efek samping dari obat yang dikonsumsi. Sehingga ketika tubuh kekurangan energi untuk beraktifitas akan menimbulkan efek tidak mampu berkonsentrasi secara baik. Akhirnya moms akan terganggu dan tidak dapat melanjutkan aktifitas. 

Kurang Konsentrasi

Badan Terasa Gemetar

Kekurangan asupan energi yang banyak ternyata dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu moms. Selain badan terasa lemah dan kurang konsentrasi, kamu bisa juga gemetar. Pastinya ketika tubuhmu semakin melemah, segeralah untuk mengambil posisi istirahat agar tidak terjadi hal-hal lain yang dikhawatirkan moms. 

Badan Terasa Gemetar
baca juga

Sakit Kepala

Isi kepala memiliki peran penting dalam menggerakkan seluruh tubuh. Tentunya ketika kepalamu kurang sehat, pasti akan mempengaruhi kinerja serta aktifitas moms. Akibatnya tubuh akan turut melemah dan bahkan bisa tidak sadarkan diri jika tetap dipaksakan. 

Sakit Kepala

Cara Mengatasinya

Agar terhindar dari gula darah rendah, cukupkan asupan nutrisi keluarga moms. Kebanyakan penderita adalah mereka yang kurang makan atau pola makan yang tidak sehat. Akibatnya tubuh kurang bisa bersinergi dengan baik. Nah moms, jika kamu atau keluarga sedang menjumpai tanda-tanda tersebut, maka mulailah untuk membawa cadangan gula berupa permen ketika bepergian.

Karena salah satu cara memenuhi gula adalah dengan mengkonsumsi permen atau minuman manis lainnya. Tunggu selama 15 menit, kemudian jika masih belum membaik segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasinya