Menjadi Seorang Youtuber

Saat Anak Ingin Menjadi Youtuber, Ini yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.tubefilter.com/

Siapa yang menyangka bahwa 2019 akan muncul sebuah profesi baru yang cukup menarik untuk dilirik, Youtuber. Popularitas dan pundi-pundi uang yang didapatkan dengan menjalankan sebuah channel di YouTube ternyata sangat menjanjikan. Anak-anak yang tumbuh di era digital ini pun mendapatkan pengaruh cukup besar di mana banyak yang menjadikan Youtuber sebagai cita-cita mereka saat dewasa kelak.


Apakah Youtuber Itu Profesi?

Saat Anak Ingin Menjadi Youtuber, Ini yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.adweek.com/

Tentu sebagian dari Mommy bertanya-tanya, apakah sebenarnya Youtuber adalah profesi? Pasalnya, kita semua tahu bahwa anak-anak seharusnya belajar dengan serius untuk mendapatkan nilai baik sehingga dapat lanjut ke pendidikan tinggi dan mendapatkan pekerjaan serta menjalani profesi yang layak. Di sisi lain, Youtuber terkesan seperti sebuah jalan pintas menuju popularitas dan uang melimpah. Tentu hal ini membuat Mommy bingung bagaimana harus menyikapi keinginan sang anak tersebut.

baca juga


Saat Anak Ingin Menjadi Youtuber

Saat Anak Ingin Menjadi Youtuber, Ini yang Harus Moms Lakukan
source: https://designtaxi.com/

Sebagai orangtua, sudah seharusnya Mommy memberikan dukungan atas keinginan positif anak dan mengarahkannya untuk melakukan hal tersebut dengan maksimal. Begitu pula dengan dunia digital yang tampak sangat menarik bagi anak. Meskipun begitu, pertanyaan-pertanyaan meragukan yang muncul dalam benak Mommy juga perlu untuk dipertimbangkan sebagai bahan arahan bagi si kecil. Mommy dapat memberikan beberapa pertanyaan berupa : 

  • Mengapa kamu ingin memiliki channel YouTube?
  • Jenis video apa yang ingin kamu buat?
  • Apa saluran YouTube favoritmu? Apa yang kamu suka dari video mereka?
  • Apa ada saluran YouTube yang tidak kamu sukai? Apa yang tidak kamu sukai dari mereka?

Cobalah untuk memahami isi pikiran anak. Mengapa ia menginginkan suatu hal, apakah itu hanya karena terbawa tren atau memang berasal dari dorongan minatnya. Dalami isi pikiran anak dengan membuka percakapan tanpa menghakimi anak.


Memahami Peluang Youtube

Saat Anak Ingin Menjadi Youtuber, Ini yang Harus Moms Lakukan
source: https://proto.ink/

Terakhir, pahamilah bahwa YouTube juga dapat menjadi sebuah media di mana minat dan bakat seorang anak dituangkan dengan cara yang kreatif dan inovatif. Jika digunakan dengan baik, media ini akan dapat memberikan banyak manfaat, tidak hanya untuk si kecil, tetapi juga orang-orang disekitarnya. Yang terpenting adalah arahkan anak untuk mengutamakan pendidikannya terlebih dahulu. Jangan sampai channel YouTube mengganggu waktu belajar dan membuat nilainya di sekolah turun. Arahkan pula bahwa tujuan pada popularitas dan uang tidak akan bertahan lama. Namun, kebermanfaatan di masa depan akan lebih besar artinya.