Makanan penambah berat badan anak
Moms pasti khawatir bila mengamati pertumbuhan Si Kecil yang berbeda. Kekhawatiran akan bertambah lagi bila ia tampak lebih pendek dibanding teman seusianya.

Meskipun mungkin saja tinggi Si Kecil masih dalam kisaran normal. Perlu diketahui Moms, pertumbuhan merupakan salah satu indikator kesehatan anak, status nutrisi dan latar belakang genetiknya. Dan berikut ini makanan-makanan yang bisa Moms pilih untuk bisa meningkatkan berat badan si kecil.

Selai kacang

Rekomendasi 10 Makanan Penambah Berat Badan yang Kaya Nutrisi untuk Anak
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.eatthis.com/worst-peanut-butter-and-almond-butter-brands-for-weight-loss/amp/

Selai kacang kaya akan protein dan vitamin serta kalori yang berguna untuk membangun otot tubuh si kecil. Selain itu, selai kacang dianggap mampu membantu menaikkan berat badan si kecil. Moms bisa memberikan selai kacang untuk sarapannya yang dioles pada roti.

Almond
Sebuah studi menyatakan bahwa kacang almond adalah salah satu makanan terbaik penambah berat badan pada si kecil. Dalam segenggam kacang almond, terkandung 7 gram protein dan 18 gram lemaik baik yang dapat meningkatkan berat badan si kecil.

Telur
Ada banyak kandungan protein, vitamin dan mineral dalam telur yang berguna membangun tubuh yang sehat serta membangun massa otot si kecil. Moms bisa memberikan setidaknya satu telur pada sarapan si kecil. Hal ini jika dilakukan selama sebulan, akan menambah berat badan si kecil, karena dalam sebuah telur terkandung 75 kalori. Selain itu, ada banyak kreasi makanan yang bisa Moms sajikan dari telur untuk si kecil, seperti telur rebus, scrambled egg, pouched egg dan omelette.

Rekomendasi 10 Makanan Penambah Berat Badan yang Kaya Nutrisi untuk Anak
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.epicurious.com/recipes/food/views/scrambled-eggs-40038/amp

Alpukat
Jika si kecil terlalu kurus, coba deh Moms berikan dia alpukat. Alpukat mengandung lemak dan kalori yang baik untuk pertumbuhan anak. Buah ini juga menjadi sumber lemak yang lebih sehat, dibandingkan dengan makanan lainnya.

baca juga

Keju
Keju kaya akan kalori, lemak, protein dan kalsium yang berguna bagi si kecil di masa pertumbuhannya. Selain dapat menambah berat badan, keju ini juga ternyata dapat menambah tinggi badan si kecil lho, Moms. Karena keju mengandung kalsium yang cukup tinggi dan baik pertumbuhan tulang si kecil.

Rekomendasi 10 Makanan Penambah Berat Badan yang Kaya Nutrisi untuk Anak
source: https://pearlvalleycheese.com/products/mild-swiss-cheese

Pisang
Pisang adalah salah satu buah terbaik yang dapat Moms berikan pada si kecil. Selain bergizi, buah pisang ini juga kaya karbohidrat dan kalori. Buah yang satu ini bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang mengandung 105 kalori. Tambahkan pisang ke dalam makanan kesukaan si kecil seperti milkshake, puding, atau mencampurnya dengan cokelat.

Susu
Susu adalah sumber protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk si kecil. Berikan anak setidaknya 2 gelas susu per hari. Olahan susu yang bisa Moms berikan pada si kecil misalnya milkshake, sereal, atau smoothies. Moms juga bisa menambahkan krim yang terbuat dari susu dalam slad buahnya. Selain sehat, tentunya enak kan?

Rekomendasi 10 Makanan Penambah Berat Badan yang Kaya Nutrisi untuk Anak
source: https://www.google.co.id/amp/s/foodchannel.com/recipes/classic-american-milkshake-recipes/amp

Kentang
Sumber karbohidrat tak melulu hanya didapat dari nasi. Kentang bisa menjadi salah satu alternatif jika si kecil bosan dengan nasi. Kentang mengandung asam amino seperti arginin dan glutamin, yang bagus untuk menaikkan berat badan. Moms bisa mengolahnya dengan cara dipanggang ataupun dibuat perkedel dengan mencampurkan sayuran di dalamnya. Hmmm.. si kecil pasti lahap memakannya!

baca juga

Daging merah
Daging merah menjadi sumber zat besi dan lemak, yang dibutuhkan si kecil dalam masa pertumbuhan. Usahakan untuk memilih daging sapi atau domba yang segar ya, Moms. Kalau bisa, hindari memasak daging olahan yang diawetkan. Sebab, daging seperti itu biasanya mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Rekomendasi 10 Makanan Penambah Berat Badan yang Kaya Nutrisi untuk Anak
source: https://www.popsci.com/red-meat-nutrition-iron/

Ikan tuna
Ikan tuna mengandung protein tinggi dan minyak esensial yang dibutuhkan tubuh si kecil dalam masa pertumbuhannya, tuna membantu menambah berat badan. Mengkonsumsi ikan tuna secara teratur dapat membantu menambah berat badan si kecil dengan mudah dan dengan cara yang sehat.

Nah, Moms bisa mencoba memberikan makan sehat bergizi untuk meningkatkan berat badan si kecil ini ya. Selamat mencoba!