1. Kembar Identik Tidak Memiliki Sidik Jari Yang Identik 

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa anak-anak kembar identik yang memiliki DNA yang hampir sama akan memiliki sidik jari yang juga identik. Sayannya, itu tidak benar. Sidik jari tidak hanya dihasilkan berdasarkan DNA. Saat janin kembar identik tumbuh dan berkembang dalam kandungan dikandung, mereka akan tumbuh dengan sidik jari yang sama. Akan tetapi saat memasuki minggu ke enam hingga 13 kehamilan, bayi akan mulai bergerak dan masing-masing menyentuh kantung ketuban hingga jari-jarinya membentuk garis-garis yang unik pada masing-masing tangannya. Itulah yang akhirnya menghasilkan dalam sidik jari yang berbeda.

Wow, Ini 5 Fakta Unik Tentang Anak Kembar yang Jarang Diketahui!
source: https://www.magnoliabox.com/


2. Kembar Identik Tidak Selalu Memiliki Genetik Sama

Kita tahu bahwa kembar identik berasal dari satu sel telur yang mengandung satu set kode genetik, yang juga dikenal sebagai genom. Meskipun begitu, ini tidak menutup kemungkinan bagi anak kembar identik untuk memiliki perbedaan serius dalam susunan genetik mereka. Seorang ahli genetika, Carl Bruder dari University of Alabama di Birmingham, menemukan dalam penelitiannya bahwa ada anak-anak kembar identik yang tidak memiliki gen sama.

Wow, Ini 5 Fakta Unik Tentang Anak Kembar yang Jarang Diketahui!
source: https://www.verywellfamily.com/
baca juga


3. 25% Anak Kembar Identik Adalah "Mirror Image Twins"

Kembar identik memang tampak sangat mirip saat dilihat. Bahkan, tidak hanya itu, jika diperhatikan lebih dalam, sebagian dari mereka juga menampilkan mirror image twins. Yaitu kondisi di mana tampilan mereka adalah refleksi yang tepat dari kembarannya satu sama lain. Misalnya, jika salah satu anak memiliki tahi lalat di bawah mata kiri, anak lainnya akan memiliki tahi lalat yang berada di bawah mata kanan. Saat berhadapan, mereka seperti sedang bercermin.

Wow, Ini 5 Fakta Unik Tentang Anak Kembar yang Jarang Diketahui!
source: https://i.dailymail.co.uk/


4. Anak Kembar Sudah Mulai Berinteraksi Satu Sama Lain Sejak Dalam Kandungan

Gemas melihat anak kembar yang sangat kompak dan terikat satu sama lain? Hal ini wangat wajar terjadi. Pasalnya, mereka telah saling mengenal sejak masih dalam kandungan. Anak kembar sudah berinteraksi dan bercengkerama sejak masih dalam kandungan. Itulah sebabnya ikatan keduanya memang sangat erat dan sulit terpisahkan.

Wow, Ini 5 Fakta Unik Tentang Anak Kembar yang Jarang Diketahui!
source: https://www.creativeboom.com/
baca juga


5. Ibu Dengan Anak Kembar Dapat Hidup Lebih Lama 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of the Royal Society dilakukan dengan meneliti populasi wanita di Utah pada tahun 1800-an. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita yang melahirkan anak kembar. Namun, data ini hanya mencakup wanita yang hamil kembar secara alami.