1. Hindari Memanaskan Minyak Zaitun di Atas Suhu 180º Celsius

1. Hindari Memanaskan Minyak Zaitun di Atas Suhu 180º Celsius

Saat ini banyak banget yang sering memanaskan minyak zaitun dengan suhu terlalu panas supaya cepat. Walau sepele, tapi cara ini adalah cara yang salah lho. Jika Moms menginginkan kandungan minyak zaitun tidak hilang, hindari memanaskan minyak zaitun di atas suhu 180º C. Metode menggoreng dengan minyak banyak di atas 180º Celsius bahkan lebih dari 200º Celsius ini disebut dengan teknik deep frying.

Nah, teknik ini akan cepat merusak komponen minyak zaitun dan menghilangkan kandungan antioksidannya, khususnya pada olive oil extra virgin. Minyak zaitun boleh-boleh saja dipanaskan, tapi hanya sebatas untuk menumis sayuran yang tidak butuh api dengan suhu tinggi ya Moms.

2. Hindari Menutup dengan Panci Saat Memasak

2. Hindari Menutup dengan Panci Saat Memasak

Agar cepat matang, biasanya Moms menutup masakan Moms dengan tutup panci. Tahu kah Moms jika cara ini nggak baik dilakukan karena dapat merusak kandungan minyak zaitun dan juga membuat masakan Moms nggak sesuai dengan rasa awal? Hal ini karena embun-embun yang menetes dari tutup panci tersebut mengenai minyak dan masakan Moms. jadi, biarkan terbuka saja ya Moms.

baca juga

3. Saring Minyak Zaitun Setelah Digunakan

3. Saring Minyak Zaitun Setelah Digunakan

Sama seperti minyak kelapa, Moms juga bisa menggunakan minyak zaitun secara berulang. Tapi, perlu diingat bahwa Moms harus menyaring minyak zaitun terlebih dahulu setelah digunakan, supaya minyak zaitun tetap bersih dan tahan lama.

4. Simpan di Tempat Sejuk dan Gelap

4. Simpan di Tempat Sejuk dan Gelap

Tak hanya makanan saja, tapi minyak zaitun juga perlu perhatian ekstra Moms. Jangan letakkan minyak ini di tempat yang terkena suhu panas seperti dekat kompor atau rak di atas kompor. Hal ini akan merusak kandungan dan gizi minyak zaitun. Minyak zaitun juga harus terhindar dari sinar matahari langsung.

Untuk itu, sebaiknya simpan minyak zaitun pada wadah dari kaca berwarna gelap dan tertutup. Paparan udara dapat membuat minyak lebih cepat tengik. Kemudian, letakkan minyak dalam lemari tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari langsung ya Moms.

Mudah banget kan Moms? Yuk, gunakan minyak zaitun untuk kesehatan Moms dan keluarga!