Penyakit yang biasanya menyerang anak-anak saat cuaca seperti ini berhubungan dengan pernapasan atau ISPA seperti sesak napas, batuk, pilek, radang tenggorokan, sakit kepala, hingga alergi. Nah, supaya daya tahan tubuh si kecil tetap prima dan tidak mudah terserang penyakit saat musim pancaroba ini ada beberapa kebiasaan yang bisa moms coba.

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Pancaroba
source: https://www.experiencefreedom.co.uk

Menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi

Daya tahan tubuh anak sangat dipengaruhi oleh sanitasi yang higienis dan juga lingkungan yang bersih. Coba moms ajarkan pada anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau sanitiser setelah ia melakukan kegiatan di luar ruangan.

Moms juga bisa mengajak si kecil untuk membantu membersihkan rumah seperti mencuci piring, menyapu, atau bersih-bersih kamar supaya mereka ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah.

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Pancaroba
source: https://schoolspecialty.com
baca juga

Biasakan rajin olahraga sejak dini

Olahraga itu sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, dengan olahraga maka dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel pembunuh penyakit pada tubuh. Moms bisa mengajak si kecil mengikuti kegiatan renang satu minggu sekali, atau mungkin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, dan juga jogging. Jangan sampai karena sudah lengket dengan gadget, si kecil jadi malas gerak ya moms!

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Pancaroba
source: https://www.messefn.de

Waktu tidur yang cukup

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga memerlukan waktu tidur yang cukup. Setidaknya 18 jam sehari untuk bayi, 12 hingga 13 jam untuk balita, dan 10 jam untuk anak pra sekolah. Moms juga bisa membiasakan si kecil untuk tidur siang demi menambah waktu istirahat mereka.  Jika si Kecil mengalami kurang tidur, hal itu bisa mengakibatkan produksi protein sitokin yang memelihara kekebalan tubuh menurun.

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Pancaroba
source: https://www.verywellfamily.com
baca juga

Konsumsi makanan penambah imun

Selain kegiatan di atas, satu hal lagi yang tak kalah penting adalah asupan nutrisi. Supaya kekebalan tubuh meningkat, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, D, Zinc, dan Omega-3. Makanan dengan kandungan tersebut dapat meningkatkan sel darah putih dan sel penyembuh alami untuk melawan penyakit.

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti wortel, melon, berry,  jeruk, brokoli, kacang-kacangan, susu, daging sapi, ikan laut, dan lain-lain.

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Pancaroba
source: https://assets.nst.com.my