Hati-Hati Dalam Mempercayai Berita di Internet

Banyak orang mudah terbawa hoax hanya karena sebuah berita mendapatkan banyak likes dan dibagikan oleh banyak orang. Mommy harus lebih waspada saat membuka sebuah portal berita, apalagi jika berita yang disebar hanya sepotong-potong dalam media sosial. Pahami bahwa tidak semua yang ada di Internet benar adanya.

Hindari Berita Bohong, Ini 5 Langkah Mengatasi Hoax
source: https://www.wptv.com/


Jangan Asal Meng-klik Iklan

Terkadang, berita hoax dapat muncul karena memang kita memberikan ruang bagi berita-berita tersebut. Hal ini dapat terjadi karena Mommy melakukan klik pada iklan-iklan yang tidak jelas. Pasalnya klik tersebut dapat membuat Mommy berlangganan pada satu situs informasi tak terpercaya. Cara ini penting sebagai langkah preventif mencegah hoax menyebar.

Hindari Berita Bohong, Ini 5 Langkah Mengatasi Hoax
source: https://www.tagdermedienkompetenz.de/
baca juga


Waspadai Berita Yang Tersebar Melalui Situs Blog

Banyak sekali berita-berita yang tersebar dan tampak terpercaya karena tampilan website yang begitu profesional. Namun, itu semua dapat direkayasa dengan beragam fitur pengaturan dalam situs blog. Itu sebabnya waspadai berita yang tersebar melalui situs blog seperti blogspot atau wordpress.

Hindari Berita Bohong, Ini 5 Langkah Mengatasi Hoax
source: https://www.kumparan.com/


Hindari Portal Berita Terpercaya Dengan Akhir “.com.co”

Niat para oknum untuk menyebarkan berita bohong terkadang sulit dipercaya. Mereka sampai membuat website dengan nama yang persis sama dengan nama media ternama. Namun, Mommy dapat mengenalinya dengan akhiran “.co” setelah “.com”. Ini menandakan bahwa website tersebut adalah versi palsu.

Hindari Berita Bohong, Ini 5 Langkah Mengatasi Hoax
source: https://lampungpro.com/
baca juga


5. Hati-Hati Dengan Situs Media Ternama 

Terakhir, berita bohong terkadang juga tampak muncul pada beberapa media ternama. Faktanya, beberpa situs berita yang dikenal dan memiliki reputasi baik juga beberapa kali “kecolongan” dengan berita-berita bohong tersebut.  Terkadang, ini terjadi akibat kurangnya pengawasan dari redaksi atau bahkan kecenderungan bias dari media perusahaan. Untuk itu, pastikan Mommy selalu mencari konfirmasi kebenaran sebuah berita saat membacanya dengan memeriksa di beberapa media kredibel. 

Hindari Berita Bohong, Ini 5 Langkah Mengatasi Hoax
source: https://www.washingtonpost.com/

Itulah beberapa tips mencegah berita bohong atau hoax. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Mommy menghindari berita-berita bohong ke depannya.