Apa Sih Olahraga HIIT Cardio?

Apa Sih Olahraga HIIT Cardio?

HIIT Cardio adalah kepanjangan dari High Intensity Interval Training dimana sesuai namanya olahraga ini dilakukan dengan intensitas yang tinggi yang dikombinasikan dengan intensitas rendah sehingga waktu olahraganya pun bisa lebih singkat dibandingkan olahraga biasa namun kalori yang terbakar sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan Moms lari biasa selama 1 jam. Biasanya HIIT dilakukan sekitar 10-20 menit dalam sekali latihan dan sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena tubuh membutuhkan waktu untuk recovery. Sebuah olahraga yang tepat untuk Moms yang ingin membakar lemak lebih cepat.

Keuntungan Olahraga HIIT Cardio

Keuntungan Olahraga HIIT Cardio

Untuk makin meyakinkan, yuk kita bahas beberapa keuntungan dari olahraga HIIT Cardio yang tentunya akan sangat menggiurkan Moms.

  1. Membakar kalori 48 jam ke depan bahkan ketika sudah tidak melakukan latihan, hal ini lah kenapa HIIT Cardio tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.
  2. Membakar lemak 6 kali lebih banyak, karena HIIT Cardio hanya akan fokus pada bagian yang digerakan.
  3. Waktu relatif singkat, HIIT Cardio dilakukan selama 10-20 menit karena intensitasnya yang tinggi dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  4. Tidak mengurangi massa otot, latihan HIIT Cardio akan berfokus untuk membakar lemak pada bagian-bagian yang diinginkan. Tidak sama dengan olahraga lain dengan jenis low impact, HIIT Cardio justru dapat menambah massa otot sehingga tubuh menjadi lebih padat.
  5. Hemat, olahraga HIIT Cardio bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke tempat gym bahkan tidak memerlukan alat seperti beban dan lain-lain.
Gimana Moms makin tertarik bukan? Nah jika Moms ingin memulai olahraga HIIT Cardio, kita kasih tahu nih gerakan HIIT Cardio untuk pemula. Dijamin keringat langsung ngucur dan badan langsung segar seketika.
baca juga

Gerakan Olahraga HIIT Cardio untuk Pemula

1. Jumping Jack

1. Jumping Jack

Awali gerakan pertama dengan melakukan jumping jack. Moms hanya perlu melompat sambil membuka kaki selebar bahu, tambahkan gerakan menepuk ke atas saat melompat. Jumping jack ini sangat cocok untuk pemanasan. Moms bisa melakukan jumping jack sebanyak mungkin selama 45 detik kemudian beristirahat selama 15 detik. Gunakan sepatu yang nyaman dan hindari lantai yang licin sehingga Moms terhindar dari resiko terpeleset yang dapat membuat kaki Moms cedera.

baca juga

2. Squat Punch

2. Squat Punch

Setelah istirahat 15 detik, langsung lanjut ke gerakan selanjutnya Moms yaitu Squat Punch. Caranya, buka kaki selebar bahu kemudian naik turun seperti akan duduk. Pada posisi duduk Moms bisa menambahkan gerakan tangan seperti meninju ke kiri dan ke kanan. Kemudian kembali berdiri. Ulangi terus selama 45 detik dan kembali istirahat 15 detik. Moms juga bisa mengkombinasikan dengan alat seperti barble yang ringan sehingga latihan tangan lebih optimal. Lakukan secara perlahan ya, Moms.

3. Crunch

3. Crunch

Setelah squat punch, Moms dapat istirahat sambil berbaring di matras selama 15 detik kemudian melakukan gerakan crunch seperti pada gambar di atas. Selalu atur nafas setiap latihan sehingga pembakaran dalam tubuh lebih optimal. Latihan crunch sangat baik untuk melatih kekuatan otot perut dan membakar lemak bagian perut. Moms bisa mengkombinasikan dengan gerakan kaki seperti mengayuh sepeda sehingga seluruh tubuh bergerak secara aktif. Lakukan secara perlahan ya, Moms.

4. Inch Worm

4. Inch Worm

Setelah crunch selesai, Moms bisa istirahat sambil berdiri dengan melemaskan otot kaki dan tangan secara perlahan. Gerakan selanjutnya adalah inch worm. Gerakan ini dilakukan seperti merangkak yang diakhiri dengan gerakan high plank kemudian kembali berdiri. Lakukan selama 45 detik tanpa jeda. Inch worm sangat baik untuk membakar lemak pada seluruh bagian tubuh dan baik juga untuk melatih kekuatan tangan. Jangan heran jika tangan terasa panas saat melakukan gerakan ini, berarti itu tandanya proses pembakaran lemak berjalan dengan baik.

5. Mountain Climbing

5. Mountain Climbing
Gerakan terakhir yang bisa Moms lakukan adalah mountain climbing. Posisikan tubuh Moms seperti akan push up, kemudian gerakan kaki seperti akan menaiki gunung yang tinggi. Atur nafas dan selalu tahan perut jangan biarkan kendor ya, Moms. Gerakan ini sangat baik untuk melatih kekuatan kaki dan tangan. Pelan tapi pasti, jangan sampai terburu-buru ya Moms sehingga kemungkinan terjadinya cedera lebih sedikit. Lakukan selama 45 detik kemudian kembali beristirahat.

Selesai sudah latihan singkat HIIT Cardio, Moms bisa memulai kembali gerakan dari awal agar pembakaran lebih banyak.