Kurangi Limbah Plastik, Ini 5 Sedotan Ramah Lingkungan yang Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Sedotan Kertas yang Memiliki Motif Beragam

Sedotan kertas terbuat dari kertas yang digulung dan dipadatkan sehingga tidak dapat tertembus air. Sedotan ini dapat terbuat dari berbagai kertas yang memiliki motif yang beragam, sehingga tampilan desainnya nampak cantik. Selain itu, kelebihan lainnya bahannya lebih mudah terurai sehingga ramah lingkungan. Tapi, meksipun bahannya sudah didesain tahan air, penggunaannya jangan sampai terendam terlalu lama.
 
Sedotan Kaca yang Reusable (Dapat Digunakan Kembali)

Kaca merupakan bahan yang bebas dari BPA (bisphenol A), yaitu bahan kimia industri yang sering dipakai dalam produk resin dan plastik. Sedotan dari bahan kaca ini mudah didaur ulang dan dapat digunakan berulang kali. Sifatnya yang transparan membuatnya mudah dilihat kondisi kebersihannya secara langsung. Desain dari sedotan kaca pun saat ini sudah banyak yang menarik.
 
Meskipun rawan pecah, tapi sedotan ini bisa dijadikan alternatif lain pengganti sedotan dari bahan plastik. Saat menggunakannya, Moms harus menjaganya tetap bersih dan steril supaya tidak menyebabkan penyakit.

Kurangi Limbah Plastik, Ini 5 Sedotan Ramah Lingkungan yang Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Sedotan Bambu yang Bersifat Ringan dan Alami

Sedotan bambu menggunakan bahan batang bambu berukuran kecil. Sedotan ini saat ini sudah banyak sekali peminatnya. Karena, selain terbuat dari bahan alami, sedotan ini juga tidak menggunakan pengawet atau pewarna dan mudah terurai. Harganya pun juga lebih terjangkau dan dapat digunakan berulang kali.
 
Sedotan bambu bisa dipakai untuk minuman hangat maupun dingin tanpa mengubah rasa minuman didalamnya. Malah, karena terbuat dari bambu maka akan mengeluarkan aroma khas sehingga dapat membuat minuman terasa lebih nikmat.
 
Sedotan Stainless Steel yang Anti Karat dan Tahan Lama Digunakan

Sedotan stainless steel bisa didesain lurus ataupun melengkung pada bagian atasnya. Sedotan ini sudah mulai banyak dijual. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh sedotan ini, yaitu mudah dibersihkan, dapat digunakan berulang kali, dan awet.
 
Sedotan ini pun aman untuk dibawa berpergian, karena tidak mudah patah ataupun rusak.  Selain itu, tidak masalah digunakan untuk minum minuman panas atau dingin. Namun, dalam penggunannya, Moms harus rajin membersihkan dan mengeringkannya untuk mencegah adanya timbunan noda dan bakteri.

Loli Straw

Ini merupakan sedotan yang aman dimakan karena terbuat dari bahan rumput laut. Warna dari loli straw ini juga menarik. Sedotan ini bila dibiarkan selama 24 di dalam air akan larut dengan sendirinya, sehingga tidak akan mencemari lingkungan dan menyebabkan penumpukan sampah.
 
Itulah Moms 5 pilihan alternatif sedotan ramah lingkungan yang bisa Moms gunakan guna membantu penggurangan penggunaan sampah sedotan pastik. Semoga dapat bermanfaat ya, Moms.