Moms saat hamil banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Salah satunya disebabkan oleh berubahnya hormon selama masa kehamilan. Terlebih lagi saat hamil tubuh Moms memproduksi hampir 50 persen lebih banyak cairan dan darah. Hal ini menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, khususnya pada kaki. Meski tak semua ibu hamil mengalaminya, namun Moms perlu waspada. Terutama pada usia kehamilan bulan kelima, dan tak jarang berlangsung hingga melahirkan. Kondisi ini juga disebabkan oleh kapiler pada kaki yang membesar karena ada tekanan tambahan berat dari bayi dalam perut Anda.

Jika Anda hanya mengalami pembengkakan kaki di waktu tertentu.Hal ini bisa jadi disebabkan karena aktivitas Moms yang terlalu padat, ataupun hanya respon karena meningkatknya tekanan berat pada tubuh Moms. Selain itu, juga dapat disebabkan oleh tingginya konsumsi kafein, natrium, rendahnya asupan kalium dan dehidrasi. Namun demikian Moms tak perlu khawatir ada banyak cara untuk mengobati kaki bengkak selama hamil,seperti berikut ini.

1. Jadwalkan Olahraga Secara Teratur

Selama masa kehamilan Anda tidak dianjurkan absen dari segala aktivitas. Sebaliknya terlalu lelah juga tidak baik. Olahraga ringan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan cairan. Sehingga Anda dapat terhindar dari pembengkakan. Moms bisa mulai menjadwalkan untuk berenang dan berjalan santai di pagi hari. Tak perlu terlalu lama, jika Moms bukan tipe yang aktif berolahraga sebelumnya. Lakukan secara rutin dan perlahan, mulai dari durasi 10 menit hingga 20 menit di hari berikutnya.

1. Jadwalkan Olahraga Secara Teratur
baca juga

2. Rendam Kaki dengan Air Garam

Saat kaki Moms mulai membengkak melakukan relaksasi dengan merendam kaki bisa jadi salah satu solusinya. Caranya mudah, Moms cukup menyiapkan air hangat  yang sudah dicampuri garam Epsom. Garam ini berbeda ya Moms dengan biasa Anda gunakan di dapur. Moms bisa mendapatkan garam ini di apotik terdekat. Garam yang banyak diproduksi di kawasan Surrey, Inggris berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan cairan.

Garam membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengarahkan darah menjauh dari kaki Anda. Setelah ini moms bisa lakukan massage. Berikan pijatan pada kaki Moms. Pijatan dapat menimbulkan sensasi rileks yang membantu menghilangkan stres saat hamil. Di sisi lain pijatan hangat juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan rasa pegal.

2. Rendam Kaki dengan Air Garam

3. Ganti Minuman Kafein dengan Teh Herbal

Moms wajib mengurangi asupan kafein selama hamil. Selain tidak baik untuk si bayi, asupan kafein akan memperburuk kondisi Anda, terutaam jika sudah mengalami pembengkakan pada kaki. Kafein meningkatkan retensi cairan dalam tubuh Anda. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi kafein juga akan  membuat Moms sering buang air kecil, yang mengakibatkan dehidrasi.

Sebagai gantinya Moms bisa menggantikan minuman berkafein dengan teh herbal seperti teh dandelion. Kandungan kalium yang cukup tinggi bisa membantu Moms sembuh dari pembengkakan. Kalium dapat membantu mengatur kadar air dan garam dalam tubuh. Akan tetapi jangan lupa ya  Moms untuk konsultasi terlebih dahulu kepada petugas kesehatan saat ingin mengonsumsi secara rutin.

3. Ganti Minuman Kafein dengan Teh Herbal
baca juga

4. Hindari Makanan Kemasan Dan Konsumsi Makanan Tinggi Potasium

Makanan kemasan memiliki kandungan tinggi sodium. Tentu tak dianjurkan dikonsumsi buat Moms yang tengah hamil, apalagi kaki Moms tengah bengkak. Moms bisa memiliki makanan yang mengandung potasium tinggi atau kalium. Kandungan ini banyak terdapat pada pisang, bayam, buah alpukat, dan buah buah tin. Mudah didapatkan tentu makanan-makanan tersebut dapat Moms konsumsi secara rutin.

4. Hindari Makanan Kemasan Dan Konsumsi Makanan Tinggi Potasium

5. Perbanyak Konsumsi Buah Apel, Jeruk Dan Semangka

Buah Apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi apel bisa membantu dalam menghilangkan kelebihan cairan dan mengurangi kemungkinan pembengkakan. Sementara itu, buah jeruk dan semangka memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin C pada tubuh akan menjaga keseimbangan elektrolit. Selain itu buah-buah tersebut dapat membuat Moms terhindar dari dehidrasi karena kandungan airnya yang melimpah.

5. Perbanyak Konsumsi Buah Apel, Jeruk Dan Semangka

6. Tidur Dengan Posisi Menghadap Kiri

Posisi tidur menghadap ke kiri sangat disarankan bagi Moms. Terutama jika usia kehamilan sudah lebih dari enam belas minggu. Posisi ini dipercaya akan melancarkan sirkulasi darah sehingga membuat Moms terhindar atau sembuh dari pembengkakan. Hal ini  karena berhubungan dengan posisi vena cava inferior yang berada di bagian belakang sebelah kanan tubuh. Vena cava inferior merupakan tempat aliran darah ke berbagai organ tubuh. Untuk menghindari pembengkakan kaki kegiatan ini juga bisa dibarengi dengan mengangkat kaki ke atas. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali sehari, untuk melancarkan sirkulasi darah pada kaki Moms.

6. Tidur Dengan Posisi Menghadap Kiri