Pemanasan

Seperti latihan lainnya, kegel juga memerlukan sedikit pemanasan. Dapatkan tips hamil termasuk memiliki jadwal olahraga teratur. Setelah latihan pemanasan barulah dilanjutkan dengan latihan kegel. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko cedera.
 

source: https://www.kapook.com



 

baca juga

Berbaring Dilantai

Saat kamu baru memulai, sebaiknya berbaring di lantai sebelum mencoba latihan kegel untuk ibu hamil. Latihan kegel biasanya tidak menuntut persiapan khusus karena bisa dilakukan tanpa pertimbangan waktu dan tempat.
 

source: http://hamilplus.com



 

Cari Otot-otot Kamu

Selanjutnya adalah mencari otot-otot kamu, termasuk menemukan otot pelvis kamu. Kamu bisa memasukkan satu jari ke dalam vagina dan meremas otot di sekitarnya atau mengontraksi otot tanpa gerakan perut.
 

source: https://bidukkecilku.wordpress.com/



 

baca juga

Latihan

Latihan kegel yang sebenarnya untuk hamil adalah dengan hanya mengontraksi otot panggul kamu tanpa menahan napas atau menggerakkan otot perut atau pantat. Kontraksi selama 5 detik dan rileks selama 10 detik. Tetap bernapas normal.
 

source: http://melindahospital.com/



 

Saat Buang Air Kecil

Kamu juga bisa melakukan latihan kegel untuk hamil saat buang air kecil. Ini melibatkan menahan urin. Ini akan membantu memperkuat dasar panggul dan mencegah inkontinensia urin, tapi jangan terlalu banyak melakukannya.
 

source: http://mychannel957.com



 

Pengulangan

Kamu perlu mengulang latihan kegel untuk hamil 10 kali setiap kali melakukannya. Hal ini lebih baik jika kamu melakukannya tiga kali sehari. Latihan ini akan meningkatkan kenikmatan seksual bagi kamu dan pasangan serta meningkatkan kesempatan kamu untuk hamil.
 

source: http://www.ideiasedicas.com



 

Jaga Fokus

Ingatlah untuk tetap fokus saat berlatih kegel untuk hamil. Kontrak dan rileks hanya otot panggul kamu. Jangan menggerakkan otot perut atau pantat dan jangan menahan nafas.
 

source: http://kreativa.co.id/tag/fokus



 

Seiring Kemajuan Kehamilan

Seiring kemajuan kamu dalam melakukan latihan kegel untuk hamil, kamu harus meningkatkan waktu kamu menahan otot berkontraksi dan mengurangi waktu relaksasi. Kamu juga bisa melakukannya sambil berdiri atau duduk.
 

source: https://www.ibudanbalita.com



 

Jangan Berlebihan

Latihan kegel untuk hamil tidak boleh berlebihan karena hal ini akan menimbulkan masalah selama kehamilan. Otot pelvis kamu harus lembut dan lentur dan tidak keras dan bugar. Jika dilakukan terlalu banyak saat buang air kecil, bisa juga terjadi infeksi.
 

source: http://www.prozdrowie.pl