Saat Moms mulai memberi kabar gembira karena berbadan dua tentu banyak masukan yang harus didengar. Biasanya komentar atau pertanyaan yang datang sebagian besar tentang bentuk tubuh. Mulai dari bentuk tubuh terlalu kurus atau terlalu gemuk hingga perut yang tak kunjung terlihat besar. Komentar-komentar ini mungkin terdengar biasa. Akan tetapi, sebagian wanita hamil merasa tak nyaman, meski jarang diungkapkan.

Kondisi ini cukup wajar, karena mengomentari bentuk tubuh sama saja dengan mem-bully Moms. Karena efeknya bisa berbahaya untuk kesehatan mental. Apalagi sebagian besar wanita hamil mudah mengalami mood swing. Tindakan ini biasa kita kenal dengan istilah body shamming. Jika Moms tengah merasakan masa-masa ini, coba lakukan trik berikut ini:

1. Tetap Berpikir Positif

Moms memang tidak bisa mengendalikan kata-kata yang datang. Namun Moms memiliki kuasa untuk mengolahnya, demi menjaga pikiran dan perasaan tetap baik. Caranya anggaplah komentar negatif yang datang sebagai masukan untuk diri Anda. Agar bisa menjadi lebih baik. Sementara pertanyaan seputar kehamilan yang menyudutkan Moms bisa dianggap sebagai wujud perhatian mereka kepada Moms. Dengan begitu Moms tidak merasa tertekan atas kalimat yang datang.

1. Tetap Berpikir Positif
baca juga

2. Konsultasi Ke Petugas Kesehatan Jika Mengganggu

Jangan berkecil hati jika terdapat komentar yang datang dari orang terdekat dan hal menyangkut tentang diri dan kehamilan Moms. Terlebih-lebih jika hal tersebut hal yang negatif dan berpotensi membuat Moms khawatir secara berlebihan. Tanyakan kepada petugas kesehatan atas komentar tersebut dan yakinkan diri Anda bahwa keterangan dari petugas kesehatan yang memeriksa dan diri Moms yang paling tahu kondisi tubuh Anda. Hal ini agar Moms terhindar dari cemas berlebihan yang mengakibatkan stres berkepanjangan selama hamil.

2. Konsultasi Ke Petugas Kesehatan Jika Mengganggu

3. Percaya Bahwa Semua Wanita Hamil Berbeda Kondisinya

Ketika body shaming datang dari perbandingan antara Moms dan wanita hamil lainnya. Moms tak perlu merasa kesal dan berkecil hati.  Apalagi jika perbandingan membuat posisi Moms seolah lebih buruk. Seperti misalnya “ibu hamil A walaupun kurus berat badannya nambah banyak lho, ko Moms seperti tak ada perubahan signifikan?”. Dalam menanggapinya Moms harus yakin. Bahwa setiap wanita hamil memiliki  kondisi berbeda-beda. Yang terpenting Moms rutin memeriksakan diri dan kehamilan secara. Selain itu, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dan berkonsultasi kepada petugas yang berwenang tentang kehamilan hal yang mengganjal dalam pikiran. Terutama seputar hal yang Moms rasakan selama hamil. Jangan biarkan Moms penasaran atas sesuatu hal dan terlalu menyimpulkan hal-hal yang belum tentu benar.

3. Percaya Bahwa Semua Wanita Hamil Berbeda Kondisinya
baca juga

4.Hindari Menemukan Jawaban Hanya Dari Internet

Usahakan saat ada pertanyaan yang datang seputar perubahan pada tubuh Moms, dan Moms tidak mengetahui secara pasti. Jangan puaskan diri Moms hanya dengan mencari tahu lewat internet. Terlebih lagi jika pertanyaan itu timbul dari komentar negatif atas orang-orang di sekitar moms. ini membuat Moms akan makin berfikir negatif atas kondisi Moms. Apalagi jika tidak menemukan artikel positif atas rasa penasaran tersebut. Solusi terbaik adalah menanyakan secara langsung kepada ahlinya. Hati-hati Moms dalam mendapatkan informasi. Anda harus memastikan jawaban atas rasa penasaran tersebut dari orang tepat.

4.Hindari Menemukan Jawaban Hanya Dari Internet