Gunakan Antiperspirant

Moms biasa menggunakan deodorant? Deodorant memang bisa menghindarkan Mommies dari bau badan, namun tidak dengan ketiak basah. Jika Moms ingin ketiak selalu kering, Moms bisa menggunakan antiperspirant. Antiperspirant berfungsi untuk memblokir kelenjar yang menghasilkan keringat pada ketiak.

Gunakan Antiperspirant
source: https://www.dove.com/

Untuk cara penggunaannya, sebaikan gunakan antiperspirant dengan kondisi ketiak kering. Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa menggunakan antiperspirant pada malam hari. Karena antiperspirant bekerja penuh setelah empat hari penggunaan.

Rajin Mencukur Rambut Ketiak

Tahu nggak sih, Moms? Ternyata mencukur rambut ketiak bisa mengurangi keringat berlebih, lho. Jadi jika Moms memiliki masalah dengan ketiak basah, coba untuk mencukur rambut ketiak. Dengan begitu, ketiak Moms akan terasa kering dan masalah bau badan juga ikut berkurang.

Rajin Mencukur Rambut Ketiak
source: https://www.halodoc.com/
baca juga

Jangan Langsung Pakai Baju

Setelah mandi, jangan langsung memakai baju ya, Moms. Pastikan badan dan ketiak sudah benar-benar kering. Karena jika Moms langsung memakai baju, badan Moms masih lembab karena air mandi, dan itu akan membuat ketika juga akan lembab dan basah.

Jangan Langsung Pakai Baju
source: https://www.aura.co.id/

Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian yang ketat akan membuat ketiak Moms mudah berkeringat karena tidak ada sirkulasi udara di area ketiak. Jadi untuk menghindari ketiak basah, gunakan pakaian longgar ya Moms. Jangan lupa untuk memilih bahan yang menyerap keringat. Jadi ketiak kering, Moms juga tidak akan mengalami masalah bau badan seharian.

Gunakan Pakaian Longgar
source: https://www.popmama.com/
baca juga

Kurangi Kafein

Moms, kafein dalam tubuh dapat menstimulasi sistem syaraf sehingga meningkatkan produksi ketingat. Tidak hanya itu, kafein juga dapat membuat kelenjar keringat meningkat. Selain itu minum kopi panas akan meningkatkan suhu badan dan membuat Moms berkeringat.

Kurangi Kafein
source: http://www.satuharapan.com/

Penyebab Ketiak Basah

Moms, selain mengikuti tips cara mengatasi keringat basah yang baru saja disebutkan. Moms juga harus tahu apa saja penyebab ketiak basah agar bisa dihindari. Ini dia Moms penyebabnya.

  • Kafein. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi kafein dapat merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat, maka semakin banyak kafein yang dikonsumsi akan semakin banyak juga keringat yang dihasilkan.
  • Makanan Panas. Menyantap makanan panas memang enak ya, Moms. Namun mengonsumsi makanan atau minuman panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Moms berkeringat lebih banyak.
  • Makanan Pedas. Suka pedas? Boleh. Asal tahu saja Moms, mengonsumsi makanan pedas dapat mengakibatkan peningkatan produksi keringat, karena capsaicin dalam cabe yang bersifat panas sehingga mengaktifkan kelenjar keringat.
  • Pakaian. Pakaian yang terbuat dari kain sintesis seperti polyester dan akrilik akan mencegah keringat menguap sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat yang lebih banyak.
  • Alkohol. Alkohol dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah pada tubuh yang dapat meningkatkan suhu tubuh, dan otak akan mengirimkan sinyal untuk mendinginkan tubuh dengan mengaktifkan kelenjar keringat.
  • Asap Rokok. Merokok dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah serta suhu tubuh yang semuanya dapat memicu keringat.
  • Obat-Obatan.  Ada jenis obat yang dapat membuat produksi keringat lebih banyak seperti obat tekanan darah, antidepresan, obat anti-inflamasi, dan beberapa obat diabetes.

Nah Moms, itu tadi penyebab dan cara mengatasi ketiak basah. Ikuti tipsnya dan dapatkan ketiak kering dan segar seharian.