Ketahui Kebutuhan Anak

Pahamilah bahwa anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan bagaimana aktivitasnya, berapa lama durasi ia di sekolah, apa saja kursus dan les yang diikuti, dan seberapa tinggi intensitas kegiatannya. Ini tentu akan sangat berpengaruh pada bagaimana anak membutuhkan camilan, makan, dan minum di tiap jeda istirahatnya. Untuk mengakali agar uang jajan tidak terlalu besar, bawakan anak bekal dan botol minum setiap harinya sehingga ia tidak perlu jajan terlalu banyak.

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memberikan Anak Uang Jajan
source: https://www.moneyadviceservice.org.uk/

Sesuaikan Dengan Harga Jajanan Di Sekolah

Tiap sekolah memiliki kantin dengan harga barang yang berbeda. Pastikan Mommy juga mencari tahu berapa harga dari makanan besar, camilan, dan minuman ringan yang ada di kantin sekolah. Pastikan Mommy menyesuaikan dengan harga rata-rata, khususnya untuk jajanan yang sehat.

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memberikan Anak Uang Jajan
source: https://consent.yahoo.com/
baca juga

Berikan Sedikit Ekstra Uang Untuk Anak Berlatih Menabung

Jika Mommy berencana untuk mulai membiasakan menabung sejak dini, berikanlah uang ekstra untuk ia sisihkan dan masukkan ke dalam tabungan. Jangan lupa untuk memesankan padanya agar menabungkan sebagian uang jajannya. Katakan padanya bahwa jika ia menginginkan sesuatu, ia dapat menggunakan uang yang selama ini ditabungnya.

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memberikan Anak Uang Jajan
source: https://www.psychologies.co.uk/

Jangan Terlalu Sedikit, Jangan Terlalu Banyak

Ingat, uang jajan anak tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit. Pastikan uang jajannya benar-benar cukup untuk ia menabung dan memenuhi kebutuhkan hariannya di sekolah. Uang jajan yang terlalu banyak dapat membuat anak menyepelekan uang. Namun, uang jajan yang terlalu sedikit juga tidak baik untuk anak, apalagi mereka yang banyak aktivitas.

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Memberikan Anak Uang Jajan
source: https://www.houseofwellness.com.au/

Jika anak sudah lebih besar, SMA atau kuliah misalnya, mintalah mereka untuk membuat gambaran apa saja yang ia perlukan sehari-hari dan berapa banyak yang dibutuhkan. Cara ini dapat mengajarkan anak membuat rancangan keuangan dan pengeluaran.