Penyebab Wajah Berminyak

Mommies, banyak lho faktor eksternal dan internal yang bisa menyebabkan wajah berminyak. Untuk menghindari itu semua, Moms wajib mengetahui lebih jauh ya, Moms.

  • Kelenjar Minyak Aktif, jika Moms memiliki kulit jenis berminyak, otomatis akan memiliki kelenjar minyak alami yang sering muncul diberbagai kesempatan. Nah, kelenjar tersebut aktif memproduksi minyak alami dalam jumlah banyak dibanding jenis kulit lain.
  • Mengonsumsi Makanan Berlemak, Moms suka mengonsumsi makanan berlemak? Mesti waspada nih, Moms. Jenis makanan berlemak dapat mengakibatkan wajah menghasilkan minyak berlebih meskipun kulit wajah Moms berjenis normal.
  • Hormon Tidak Stabil, hormon yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah minyak diwajah. Contohnya perubahan hormon ketika haid mampu membuat wanita tidak mampu mengendalikan emosinya. Nah, keadaan ini dapat meningkatkan jumlah minyak alami yang ada di bawah kulit untuk muncul sesaat setelah mengalami tekanan pikiran dan rasa gelisah yang besar.
  • Kosmetik yang Tidak Tepat, penggunaan makeup akan mempengaruhi kestabilan minyak alami yang ada di bawah kulit. Makeup yang tidak cocok dapat merusak jaringan terdalam kulit dan meningkatkan produksi minyak menjadi tidak terkendali.
Penyebab Wajah Berminyak
source: https://ngonoo.com/
  • Cuaca, cuaca yang terlalu panas dapat berpengaruh pada permukaan kulit. Wajah akan terlihat berminyak dan mengkilap.
  • Malas Membersihkan Wajah, ketika saat wajah dalam keadaan kotor, maka akan muncul bakteri di dalam pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat serta flek hitam. Malas membersihkan wajah adalah awal munculnya datang jerawat, gatal-gatal dan flek hitam serta mempercepat munculnya kerutan halus disekitar bawah mata dan mulut.

Ada banyak cara kok Moms mengatasi kulit berminyak. Ini dia Moms daftarnya ya, Moms.

baca juga

Masker Putih Telur dan Bubuk Coklat

Putih telur dan bubuk coklat mampu mengendalikan produksi minyak di wajah. Tidak hanya itu lho, jerawat juga akan pergi Moms. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi. Cara mengaplikasikannya mudah kok, Moms. Kocok putih telur hingga rata, kemudian tambahkan 2 sdm bubuk coklat. Aduk hingga mengental seperti pasta. Oleskan ke permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Putih Telur dan Bubuk Coklat
source: https://www.fimela.com/

Irisan Mentimun

Tidak hanya menyegarkan wajah, ternyata irusan timun juga berfungsi untuk mengatasi wajah berminyak, Moms. Caranya gampang banget, Moms hanya perlu menggosokkan irisan mentimun dingin yang sudah dimasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu ke seluruh permukaan wajah, terutama pada zona T. Lakukan setiap malam ya, Moms.

Irisan Mentimun
source: https://cara-musnadi.blogspot.com/
baca juga

Masker Stroberi dan Madu

Nggak cuma manis pas dikonsumsi, Moms. stoberi dan madu juga ampuh lho mengatasi minyak dan jerawat pada wajah. Cara membuat masker ini mudah kok Moms. Cuci terlebih dahulu buah stroberi yang masih segar, haluskan. Lalu stroberi yang sudah dihaluskan tadi dicampur dengan 1 sdm madu. Aduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal lakukan 2-3 kali dalam seminggu Moms.

Masker Stroberi dan Madu
source: https://febianaputri652.blogspot.com/

Facial Steam

Nggak perlu perawatan facial steam yang mahal, Moms. Cukup lakukan sendiri di rumah. Caranya mudah Moms, siapkan air hangat di dalam baskom. Lalu dekatkan wajah pada baskom agar uap air hangat menyentuh wajah. Lakukan selama 2-4 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Facial Steam
source: https://uvhero.com/

Face Toner Sebelum Makeup

Tahu nggak sih, Moms? Ternyata Face toner bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di wajah. Moms harus memilih face toner berbahan lemon ya, ini efektif mengontrol minyak berlebih di zona T.

Face Toner Sebelum Makeup
source: https://m.tokopedia.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak. Lakukan sendiri di rumah dan dapatkan wajah segar berseri sepanjang hari. Selamat mencoba, Moms.