Peralatan Masak Plastik

Untuk peralatan dapur dengan bahan plastik, sebaiknya Moms mencucinya dengan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci piring. Kemudian dilanjutkan dengan menggosoknya dengan jeruk nipis. Dijamin peralatan dapur berbahan plastik akan kembali bersih dan tidak berbau lemak. Namun Moms disarankan agar tidak menggunakan peralatan masak dengan bahan plastik sebagai tempat makanan yang baru matang, karena hal tersebut bisa memicu kanker.

Peralatan Masak Plastik
source: https://frankjpearson.wordpress.com/

Peralatan Masak Besi

Jika Moms memiliki peralatan masak berbahan besi, Moms bisa membersihkannya dengan jeruk nipis, nanas, atau larutan soda yang dicampur dengan sabun cuci piring. Jika Moms menggunakannya langsung dengan api, maka sebaiknya pilih bagian pantat yang berwarna hitam ya, Moms.

Peralatan Masak Besi
source: http://femaleradio.co.id/
baca juga

Peralatan Masak Kayu

Peralatan masak yang berbahan kayu biasanya rentan terkena jamur. Jadi Moms harus membersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas dengan air mengalir. Setelah itu angin-anginkan sampai kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin. Untuk peralatan masak berbahan kayu, Moms bisa membersihkannya dengan beberapa bahan alami berikut ini:

  • Garam, garam mampur membersihkan peralatan masak berbahan kayu dengan waktu singkat. Caranya mudah, campurkan garam dengan semangkuk air panas. kemudian rendam alat masak dari kayu yang akan dbersihkan selama lima menit. Keringkan, lap dan jemur.
Peralatan Masak Kayu
source: https://prelo.co.id/
  • Cuka, Tidak hanya garam Moms, cuka juga bisa lho digunakan untuk membersihkan noda pada peralatan masak berbahan kayu. Caranya masukkan satu gelas cuka dan satu sendok makan madu ke dalam satu mangkuk. Aduk rata dua bahan tersebut. Celupkan kapas, tisu atau kain lap pada cairan cuka dan madu itu untuk membersihkan noda atau sisa bau makanan pada alat masak yang terbuat dari kayu.
  • Lemon, selain kedua bahan alami diatas, Moms juga bisa menggunakan lemon untuk membersihkan alat masak berbahan kayu. Lemon sangat ampuh untuk membersihkan peralatan memasak berbahan kayu. Lho. Caranya mudah, siapkan air mendidih yang dicampur dengan perasan lemon. Lalu angkat air mendidih yang telah dicampur perasan lemon tadi. Ketika masih panas, masukkan alat memasak dari kayu yang ingin dibersihkan. Selanjutnya rendam peralat tersebut selama 15 menit. Setelahnya, bersihkan alat masak kayu dengan lap dan jemur sampai kering.

Nah Moms,itu tadi tips merawat peralatan dapur agar senantiasa awet dan tahan lama. Pastikan Moms melakukan perawatan dengan benar, ya. Selamat mencoba Mommies.