1. Penuaan Dini

Moms tentunya tahu bahwa rokok mengandung zat Nikotin, efek samping dari zat nikotin adalah melemahkan kulit, yang dapat menyebabkan kulit keriput di beberapa daerah wajah lho Moms! Seperti dahi, mata, leher, dan dada. Menurut para ahli, kebiasaan merokok dapat membuat penampilan kita terlihat menjadi lebih tua dua tahun lebih tua dari umur kita yang sebenarnya.

1. Penuaan Dini

2. Jerawat Dan Breakout

Moms harus tahu bahwa asap rokok dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo! Karena asap rokok dapat menghambat pori-pori, serta kotoran dan debu sehingga kulit kita jadi sulit untuk bernafas. Kulit Moms juga bisa kehilangan kelembaban jika sering terkena asap rokok, walaupun tidak secara langsung. Namun, jika Moms terlalu sering kulit akan tampak menjadi lebih kusam, kering, dan tidak lembab.

2. Jerawat Dan Breakout
baca juga

3. Bibir Gelap

Moms pasti sudah tahu bahwa merokok dapat menyebabkan bibir menghitam. Efek samping dari kebiasaan merokok ini sangat merusak penampilan luar Moms. Penyebab dari bibir yang menghitam ini adalah kandungan tar dan nikotin pada rokok yang merusak warna bibir. Sel-sel yang ada pada bibir kita pun juga bisa rusak, sehingga warna bibir bisa memudar. Moms tentunya ingin punya bibir yang cerah bukan?

3. Bibir Gelap

4. Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Lingkaran hitam muncul biasanya karena kurang tidur atau mata lelah karena aktivitas. Tahukah Moms kebiasaan merokok juga dapat membuat lingkaran hitam di bawah mata? Moms harus tahu bahwa kebiasaan merokok dapat menghambat aliran darah pada kulit, sehingga kulit kita kekurangan nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan. Akibat dari kekurangan nutrisi, kulit pada daerah mata menjadi lebih tipis dan muncul lingkaran hitam. 

4. Lingkaran Hitam Di Bawah Mata
baca juga

5. Kuku Dan Gigi Kuning

Tentunya efek samping yang satu ini bukanlah rahasia bagi Moms, kebiasaan merokok dapat menyebabkan jari-jari Moms menguning. Hal ini disebabkan oleh zat nikotin yang ada pada rokok yang juga dapat menyebabkan gigi kita menguning, bahkan dapat berubah menjadi coklat. Selain itu, tembakau juga dapat merusak gusi karena melemahkan tulang gigi Moms lho!

5. Kuku Dan Gigi Kuning

6. Rambut Rontok

Moms harus tahu bahwa kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan rambut Moms rontok! Kebiasaan Merokok dapat merusak kesehatan rambut Moms, karena zat kimia beracun yang ada pada rokok dapat melemahkan sel-sel rambut Moms. Dan juga membuat rambut Moms lebih mudah rontok.

6. Rambut Rontok

7. Kerusakan Pada Rambut

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan tumbuh uban pada rambut lho Moms! Menurut penelitian kebiasaan merokok dapat membuat perokok memiliki rambut beruban sebelum usia 30 tahun. Rambut yang beruban disebabkan oleh radikal bebas pada rokok yang merusak sel-sel rambut yang memproduksi melamin. Melamin adalah pigmen pada rambut yang menghasilkan warna rambut asli Moms, maka dari itu pengurangan melamin dapat menyebabkan rambut beruban.

7. Kerusakan Pada Rambut
Moms tentunya sudah tahu bahwa kebiasaan merokok tidak bagus untuk tubuh kita. Selain merusak kesehatan kulit dan rambut, merokok juga punya efek samping jangka panjang. Jadi, yuk mulai hidup sehat dan berhenti merokok!