Mengacu pada data dari WHO pada tahun 2018 setidaknya terdapat sekitar 300 orang yang menderita asma di seluruh dunia. Tak heran jika Moms sering menemui penderita penyakit satu ini di lingkungan sekitar. Penyakit yang menjangkit seiring berubahnya gaya hidup ini perlu Moms waspadai. Namun jika Moms atau salah satu dari anggota keluarga sudah terlanjur terkena asma.

Cobalah untuk menjaga gaya hidup lebih sehat dan beri pengobatan teratur. Selain itu moms juga harus menjaga asupan sehari-hari. Moms perlu waspada atas makanan-makanan olahan. Berdasarkan studi makanan olahan meningkatkan kasus asma dalam beberapa dekade. Jangan sampai mengonsumsi makanan yang justru malah memperburuk kondisi. Seperti halnya di bawah ini merupakan makanan yang sebaiknya dihindari penderita asma.

1. Jangan Konsumsi Makanan Mengandung yang Salisilat

Bagi penderita asma hati-hati ketika mengonsumsi makanan yang mengandung salisilat. Salisilat sendiri merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam makanan, obat-obatan dan produk lainnya. Sedangkan untuk salisilat alami banyak di temukan pada makanan yang mungin sering mosm temui dan konsumsi. Kandungan salisilat banyak ditemukan pada kopi, bumbu, kacang, sayuran rempah-rempah dan madu. Sensitif terhadap salisilat disebabkan oleh kelebihan leukotrin. Zat yang seing mengakibatkan peradangan terkait dengan penyakit asma.

1. Jangan Konsumsi Makanan Mengandung yang Salisilat
baca juga

2. Hindari Konsumsi Makanan Mengandung Sulfit

Selain salisilat, Anda juga perlu waspada pada kandungan salisilat sintetik. Biasanya banyak ditemukan pada makanan-makanan yang mengandung pengawet. Pengawet makanan yang dikenal dengan sulfit kerap ditemukan pada buah-buahan kering, anggur, udang, acar, minuman lemon kemasan dan jeruk nipis. Sebisa mungkin Anda menghindari jenis-jenis makanan tersebut jika sudah mengetahui tengah mengidap asma. mengonsumsinya hanya akan memperburuk kondisi.

2. Hindari Konsumsi Makanan Mengandung Sulfit

3. Jauhi Penyedap, Pewarna dan Pengawet Makanan

Agar tubuh tetap terjaga selama proses pengobatan Moms perlu menghindari penyedap rasa, pewarna dan pengawet makanan. Teliti betul-betul sebelum mengonsmumsi makanan, karena semua yang disebutkan itu banyak ditemui di makanan olahan dan cepat saji. Tak ada salahnya Moms mencermati semua makanan yang akan dikonsumsi agar kondisi tubuh tetap terjaga meski mengidap penyakit asma.

3. Jauhi Penyedap, Pewarna dan Pengawet Makanan
baca juga

4. Jangan Konsumsi Makanan yang Mengandung Gas

Mengonsmusi sayuran baik untuk kesehatan tapi bagi pengidap asma moms harus memilah-milah. Jangan sampai mengonsumsi sayuran yang memiliki tinggi gas. seperti kol, dan kacang-kacangan. Moms juga perlu waspasda dengan bawang merah, putih dan  makanan yang diolah dengan digoreng. Makanan ini buruk karena menyebabkan gas yang memberi tekanan pada diafragma. Tentunya ini meningkatkan gejala asma. Tahan diri pula dari minuman berkarbonasi. karena akan berdampak sama fatalnya. Seagai gantinya moms bisa mengonsumsi bayam, dan buah-buahan seperti apel, pisang serta alpukat.

4. Jangan Konsumsi Makanan yang Mengandung Gas