Sudah bukan rahasia lagi jika tomat memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan kulit. Baik dimakan langsung maupun dijadikan campuran dalam makanan, tomat menjadi buah yang cukup akrab bagi kebanyakan orang. Tapi tahukah moms, manfaat tomat ternyata tak hanya terdapat dalam daging buahnya?

Biji buah tomat yang selama ini keberadaannya kurang begitu disadari ternyata dipenuhi oleh vitamin A, C, dan serat yang baik untuk kesehatan. Konsumsi biji tomat bisa dilakukan setelah dilakukan proses pengeringan. Biji tomat yang telah kering dan berbentuk bubuk bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul maupun diolah lagi jadi minyak astiri. Ini manfaat kesehatan yang bisa moms peroleh dari konsumsi biji tomat.  

Tak Hanya Daging Buahnya, Biji Tomat Juga Punya Beragam Manfaat untuk Kesehatan

Melancarkan Peredaran Darah

Pada bagian terluar dari biji tomat terdapat gel alami yang jika dikonsumsi dapat membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah. Gel alami ini bekerja dengan cara membatasi terjadinya gumpalan darah, kemudian meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah. 

Melancarkan Peredaran Darah
baca juga

Mencegah Pembekuan Darah

Menurut beberapa penelitian, biji tomat memiliki sifat seperti aspirin. Mengonsumsi biji tomat sebagai usaha untuk mengurangi risiko pembekuan darah adalah solusi yang lebih sehat dan alami dibanding konsumsi aspirin yang dapat menimbulkan efek samping kesehatan jangka panjang seperti pendarahan di lambung dan bisul. 

Mencegah Pembekuan Darah

Alternatif Aspirin

Bagi penderita darah tinggi atau penyakit kardiovaskular lain, pasti disarankan untuk rutin mengonsumsi aspirin. Hal ini tentu dapat mengurangi masalah dari penyakit yang diderita, tapi konsumsi aspirin dalam waktu lama bisa menimbulkan efek samping kesehatan jangka panjang. Biji tomat dapat dijadikan alternatif pengganti aspirin yang lebih alami dan bebas efek samping. Biji tomat bahkan bisa memperbaiki aliran daran dalam waktu 3 jam setelah dikonsumsi.

Alternatif Aspirin
baca juga

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat biji tomat untuk meningkatkan kesehatan jantung dikaitkan dengan diet Mediterania. Meskipun belum ada penelitian khusus yang mengklaim bahwa biji tomat baik untuk kesehatan jantung, tapi sebagian besar manfaat yang ditawarkan oleh diet Mediterania berkaitan dengan tomat dan bijinya.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Baik untuk Pencernaan

Karena telah terbukti kaya akan kandungan serat, biji tomat sangat baik untuk sistem pencernaan. Biji tomat juga mengandung sejumlah besar asam amino yang jika dikonsumsi dapat membuat sistem pencernaan berjalan dengan lebih baik.

Baik untuk Pencernaan