Jangan Manjakan Secara Berlebihan

Komunikasikan dengan pasangan untuk bisa kompak dalam memperlakukan si anak tunggal. Pastikan untuk tidak selalu menuruti apa keinginannya. Kerjasama antar pasangan sangat penting dalam membentuk karakter anak tunggal yang lebih bertanggung jawab dan tidak memudahkan segala sesuatu. 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Anak Tunggal
source: https://www.independent.co.uk/

Jadilah Teman Bagi Anak

Posisikan diri Mommy sebagai teman untuk si anak tunggal. Sama seperti teman pada umumnya, Mommy tentu bisa meminta tolong melakukan sesuatu, mengajaknya berbagi makanan, hingga bermain bersama. Dengan begitu anak akan belajar cara untuk bersosialisasi dengan orang lain. Anak juga dapat terhindar dari sifat egois dan mau menang sendiri.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Anak Tunggal
source: https://www.joanlunden.com/
baca juga

Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Anak

Sebagian anak tunggal memiliki kecenderungan untuk menjadi sulit diatur karena mereka merasa kesepian tidak memiliki teman untuk berbagi dan bermain. Itulah sebabnya, sebagai orangtua yang memiliki anak tunggal, Mommy harus lebih peka dalam melihat bagaimana perasaan si anak. Luangkan waktu untuk dihabiskan bersama. Mommy dapat mengajaknya makan camilan favoritnya, memasak bersama, dan melakukan beragam aktivitas favoritnya.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Anak Tunggal
source: https://www.understood.org/

Berikan Anak Tanggung Jawab

Orangtua yang memiliki banyak anak biasajya akan kerepotan untuk mengurus segala keperluan rumah. Tidak heran jika anak-anaknya akan mulai diberikan tanggung jawab dari kecil, mulai dari membersihkan mainan dan merapikan bekas makannya sendiri. Hal ini juga harus dilakukan oleh orangtua yang memiliki anak tunggal. Meskipun ia hanyalah anak satu-satunya, bukan berarti segala sesuatunya dapat dilakukan orangtuanya. Berikanlah ia tanggung jawab sebagaimana anak-anak lain juga diberikan tanggung jawab atas dirinya sendiri.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Anak Tunggal
source: https://www.kveller.com/
baca juga

Perbanyak Aktivitas Sosial

Terakhir, jangan lupa untuk mengajak anak berpartisipasi dalam beragam aktivitas sosial. Jangan sampai si anak tunggal terlalu sibuk dengan playstation atau PC pribadi di kamarnya. Libatkan anak untuk ikut serta dalam kegiatan masyarakat seperti 17-an, Hari Kartini, atau beragam event-event sosial lain. Mommy juga bisa mendaftarkan anak pada komunitas olahraga/seni untuk memberikannya ruang dalam bersosialisasi dengan anak-anak sebayanya.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Anak Tunggal
source: https://www.educarecentralmaine.org/

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy lakukan untuk mendidik anak tunggal agar tidak manja dan egois. Semoga bermanfaat, ya!