Manfaat Kopi Bagi Tubuh

Kopi sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh di mana kopi dapat berperan melawan penyakit karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Namun, manfaat ini hanya dapat diperoleh jika Mommy mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar. Tidak hanya itu, jika diminum dalam jumlah tepat, kopi juga dapat meningkatkan fokus serta mengoptimalkan produktivitas.

Ketahui Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?
source: https://www.insider.com/

Anjuran Dosis Minum Kopi

Untuk bisa mengoptimalkan manfaat dari kopi itu sendiri, tentu Mommy harus tahu seberapa banyak kopi yang dapat Mommy minum dalam satu hari. Jumlah ini sebenarnya sangat tergantung pada tiap-tiap orang. Pasalnya setiap orang memiliki kondisi pencernaan yang berbeda mengingat kopi memiliki sifat yang asam di lambung. Selain itu, perbedaan kondisi kesehatan serta pola tidur juga membuat batas kopi bagi tiap orang berbeda. Namun, secara umum, seseorang lebih dianjurkan untuk minum kopi setidaknya 1-2 cangkir per harinya.

Ketahui Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?
source: https://www.mcgill.ca/
baca juga

Kecanduan Kopi

Sebagian orang tampak sudah mengalami kecanduan kopi. Hal ini ditandai dengan ia tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal tanpa minum kopi. Selain itu, kecanduan kopi juga bisa dikenali dengan kebiasaan selalu minum kopi kapanpun dan dimanapun. Kopi ini dapat berupa kopi seduh, kopi instan, hingga kopi kemasan. Jika ini sudah terjadi, bisa dipastikan manfaat kopi sudah tidak lagi didapatkan. Sebaliknya, dampak terlalu banyak kopi akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

Ketahui Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?
source: http://www.iaddiction.com/

Dampak Kecanduan Kopi

Secara kesehatan, akan ada banyak dampak kesehatan dari kecanduan kopi, mulai dari diare, sakit kepala, sulit tidur, hingga jantung berdebar dan kejang otot. Tidak hanya itu, jika asupan kopi yang biasa diminum memiliki campuran gula atau creamer, bisa dipastikan risiko diabetes dalam jangka panjang akan mengintai.

Ketahui Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?
source: https://www.foodrenegade.com/
baca juga

Langkah Mengatasi Kecanduan Kopi

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan kopi, diantaranya adalah:

  1. Mengurangi secara bertahap. Kurangi jumlah kopi yang diminum sedikit demi sedikit hingga akhirnya berada dalam dosis yang wajar.
  2. Hindari menggunakan gula atau creamer. Penggunaan pemanis akan berisiko membuat diabetes. Selain itu, kopi yang pahit juga dapat membuat Mommy kehilangan selera untukt minum kopi lebih banyak.
  3. Perbanyak air putih dan camilan sehat. Saat terasa ingin minum kopi, minumlah air putih dalam jumlah banyak hingga hilang keinginan untuk minum kopi. Selain itu, makan camilan sehat seperti kacang-kacangan juga sangat direkomendasikan agar menghindari keinginan minum kopi.
  4. Penuhi kebutuhan energi dengan tidur. Hilangkah pikiran bahwa sumber energi hanyalah dari kopi. Sadari bahwa tidur yang cukup dan teratur akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi harian.
Ketahui Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi, Bagaimana Cara Ampuh Mengatasinya?
source: https://www.lifehack.org/

Itulah beberapa hal penting yang haris diketahui untuk orang-orang yang kecanduan kopi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!