Penyebab Anak Terlambat Berjalan

Moms, delayed walking atau terlambat berjalan bisa disebabkan karena beberapa faktor. Untuk menghindari hal tersebut, Moms perlu tahu nih apa saja yang menjadi penyebab anak terlambat berjalan. Diantaranya adalah:

  • Kematangan sistem motorik yang terlambat, perkembangan motorik anak meliputi kemampuan untuk mengangkat kepala pada usia 4 bulan, dan duduk di usia 6-8 bulan. Kematangan sistem motorik yang terlambat bisa dikarenakan anak fokus mengembangkan diri pada kemampuan lain. Seperti kemampuan berbicara, mendengar dan memperhatikan sekelilingnya. Jadi tidak perlu terlalu khawatir ya, Moms.
  • Kelainan, maksudnya adalah si kecil mengalami cacat saat lahir, memiliki penyakit tertentu, hingga kelainan yang membuat tumbuh kembang si kecil tidak normal. 
Penyebab Anak Terlambat Berjalan
source: https://review.bukalapak.com/
  • Faktor Eksternal, sebenarnya ada faktor eksternal lain yang bisa menyebabkan si kecil terlambat berjalan. Misalnya saja si kecil pernah terjatuh dan mengalami benturan di kepala yang cukup keras hingga memengaruhi syaraf di otaknya. Atau ketika Moms hamil tidak sengaja terpapar racun, hal ini dapat menyebabkan anak terlambat berjalan.
  • Watak, ada balita yang lebih nyaman berbaring atau merangkak untuk bergerak.Jadi dia akan mulai berjalan jika ia sudah merasa siap untuk melakukannya. Mungkin butuh waktu yang sedikit lebih lama, jadi sabar ya, Moms.

Jangan khawatir Moms, semua ada solusinya. Untuk itu yuk ikuti tips cara mengatasi anak terlambat berjalan.

baca juga

Dituntun

Cara pertama mengatasi anak terlambat berjalan adalah dengan cara mengajari anak berjalan dengan cara memegang kedua tangannya dan menuntunnya berjalan. Pegang kedua tangan anak dari belakang, dan bantu si kecil berjalan perlahan. Cara ini bermanfaat lho Moms untuk menguatkan otot dan melatih keseimbangan tubuh anak.

Dituntun
source: https://hellosehat.com/

Jangan Selalu Digendong

Moms, jika ingin si kecil cepat berjalan, sebaiknya Moms jangan terlalu sering atau terlalu lama menggendongnya, ya. Biarkan si kecil bermain di lantai maka dia akan terstimulasi untuk mulai berdiri, merambat, dan akhirnya berjalan.

Jangan Selalu Digendong
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Letakkan Mainan Di Posisi yang Jauh

Hal ini efektif lho Moms untuk mengatasi anak terlambat berjalan. Dengan memposisikan mainan di tempat yang sedikit jauh dari tempat si kecil duduk. Maka si kecil akan terdorong untuk mengambil mainan tersebut. Dengan begitu, dia akan menggerakkan tubuhnya dan berdiri. Atau Moms juga bisa mengajak si kecil bermain dengan posisi berdiri.

Letakkan Mainan Di Posisi yang Jauh
source: https://www.newbabycongratulations.com/

Biarkan Anak Telanjang Kaki

Moms, biasakan si kecil beraktivitas dengan bertelanjang kaki di dalam ruangan, bukan di luar rumah. Hal ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuhnya sewaktu berdiri. Moms juga bisa memberikan mainan yang dimainkan dengan cara didorong. Mainan ini akan memaksa si kecil untuk berdiri.

Biarkan Anak Telanjang Kaki
source: https://www.himedik.com/

Jangan Bergantung Pada Baby Walker

Baby walker memang bisa digunakan untuk merangsang anak untuk berjalan. Namun tidak jarang pula, baby walker justru dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan berjalan, karena anak menjadi tergantung dengan baby walker. Jadi sebaiknya, jika sudah cukup usia, simpan baby walker dan latih si kecil belajar berjalan sendiri.

Jangan Bergantung Pada Baby Walker
source: https://www.winnetnews.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab dan cara mengatasi anak terlambat berjalan yang harus Moms ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.