1. Madu

Madu adalah salah satu obat alami untuk pengobatan asma karena mengandung alkohol dan minyak yang sangat halus yang dapat membantu mengurangi gejala asma.

  • Menghirup aroma madu dapat membuat anda menjadi lebih rileks.
  • Moms dapat mencampur 1 sendok teh madu ke dalam segelas air panas dan meminumnya 3 kali sehari.
  • Sebelum tidur, moms bisa mengonsumsi 1 sendok madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Racikan ini dapat menghilangakan dahak dari tenggorokan dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. 
1. Madu

2. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga bisa menjadi obat untuk asma. Moms bisa menggunakan bawang putih untuk pengobatan asma pada stadium awal, karena bawang putih membantu membersihkan paru-paru. 

  • Moms bisa didihkan 2  siung bawang putih lalu di campur dengan 1 setengah cangkir susu.
  • Lalu diamkan susu hingga sama dengan suhu ruangan, kemudian minum.
2. Bawang Putih
baca juga

3. Bawang Bombay

Tahukah Moms? Bawang bombay memiliki zat anti-peradangan yang membantu mengurangi penyumbatan pada saluran pernafasan ketika asma menyerang. Bawang bombay mengandung zat sulfur yang juga membantu peradangan pada paru-paru. Moms juga bisa mengkonsumsi bawang bombay untuk melegakan saluran pernafasan, baik itu mentah ataupun yang sudah dimasak.

3. Bawang Bombay

4. Kopi

Kopi juga bisa menjadi bahan alami untuk pengobatan asma karena mengandung kafein yang dapat mengontrol serangan asma. Kopi panas dapat merelaksasikan dan melegakan saluran pernafasan agar moms bisa bernafas lebih lega. Semakin kuat kopi, semakin kuat juga efek pengobatan alaminya. Tapi dianjurkan untuk tidak meminum kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari, moms juga bisa mengonsumsi teh hitam panas jika tidak terlalu suka kopi.

4. Kopi
baca juga

5. Jahe

Moms tentunya tahu bahwa jahe adalah bahan alami untuk berbagai masalah, termasuk juga asma. Menurut penelitian, ditemukan bahwa jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernafasan dan menghalangi terjadinya kontraksi pada saluran pernafasan. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan relaksasi pada otot seperti beberapa obat asma. Moms bisa mengonsumsi jahe dengan beberapa cara, berikut adalah salah satunya.

  • Moms bisa meminum 1 sendok makan jus jahe sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.
  • Moms dapat mencampur 1 sendok teh jahe dengan satu setengah cangkir air panas, lalu minum 1 sendok makan setiap malam.
  • Moms bisa juga merebus jahe yang sudah dipotong kecil - kecil dengan air panas, tunggu hingga dingin lalu minum.
5. Jahe

Berikut adalah beberapa pengobatan alami untuk asma yang moms bisa dapatkan dengan mudah dan tentunya lebih sederhana. Semoga bermanfaat ya Moms!