Setiap orang tua pasti selalu ingin memberikan perawatan terbaik untuk bayinya, salah satu hal yang ingin selalu orang tua pastikan adalah menjaga bayi senantiasa bersih dan wangi. Untuk menjaga bayi tetap wangi biasanya orang tua akan memberikan bedak bayi. Pada umumnya bedak bayi terdiri dari 2 bentuk, yaitu padat dan tabur.

Pemberian bedak bayi ini dipercaya dapat membantu merawat kulit bayi yang masih sangat sensitif. Selain memperhatikan kandungan bedak yang moms berikan pada bayi, apakah moms juga memperhatikan masa kedaluarsa bedak tersebut? 

Waspada Bedak Bayi Kedaluarsa, Ini Bahayanya untuk Si Kecil

Bahaya Bedak Bayi Kedaluarsa

Masa kedaluarsa bedak bayi biasanya tidak tercantum dalam kemasan. Tapi secara umum bedak bayi kualitasnya tetap baik setelah 3 tahun untuk bedak bayi berbentuk padat dan 1,5 tahun untuk bedak bayi tabur setelah kemasan dibuka. Tak hanya masa simpan, moms juga perlu mengganti bedak bayi jika terjadi perubahan kualitas seperti warna yang berubah, muncul bau, serta tercampur dengan kotoran. Tetap menggunakan bedak bayi yang telah melewati masa kedaluarsa bisa menimbulkan dampak yang bahaya bagi bayi.

Bahaya Bedak Bayi Kedaluarsa
baca juga

Iritasi Kulit

Iritasi kulit adalah masalah pertama yang mungkin timbul jika moms memakaikan bedak bayi yang telah kedaluarsa. Kulit bayi yang sensitif akan mudah teriritasi karena bedak kedaluarsa yang menempel. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan sampai kesakitan. Iritasi pada kulit bayi ditandai dengan munculnya kemerahan dan bintik pada kulit.

Iritasi Kulit

Reaksi Alergi

Tujuan pemberian bedak pada bayi adalah untuk melindungi kulit dari iritasi, ruam, dan keringat berlebih. Tapi jika bedak yang diberikan ternyata telah melewati masa kedaluarsa maka bukan manfaat yang akan didapat, reaksi alergi justru bisa timbul dan kulit bayi jadi bermasalah. Bayi dengan riwayat alergi akan lebih rentan mengalami masalah ini.

Reaksi Alergi
baca juga

Kulit Kering

Salah satu indikasi kulit yang sehat yaitu kulit yang kenyal dan terjaga kelembapannya. Pemakaian bedak bayi terutama yang telah kedaluarsa bisa menimbulkan masalah kulit kering karena bedak bayi kedaluarsa akan menyerap kelembapan alami kulit. Ciri-ciri kulit bayi yang kering yaitu mudah gatal dan bersisik.  

Kulit Kering

Masalah Pernafasan pada Bayi

Masalah pernafasan pada bayi sebenarnya bisa timbul bahkan ketika bedak belum kedaluarsa. Masalah ini bisa timbul terutama disebabkan oleh bedak tabur karena partikelnya yang lebih mudah beterbangan dan terhirup bayi. Sebaiknya moms memberikan bedak berbentuk padat, terutama untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun.

Masalah Pernafasan pada Bayi

Risiko Kanker

Bedak bayi pada umumnya memiliki kandungan silikon dan asbestos yang merupakan bahan kimia bersifat karsinogenik, atau dapat memicu penyakit kanker. Pemberian bedak bayi yang telah kedaluarsa tentu akan meningkatkan bahaya dari kedua zat ini. Jadi pemakaian bedak bayi kedaluarsa dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko penyakit kanker.

Risiko Kanker