Moms saat hamil tidak seharusnya absen dari rutinitas olahraga. Salah satu olahraga yang paling dianjurkan untuk moms adalah berjalan kaki. Tak membutuhkan alat apapun, berjalan kaki tentu cukup mudah dilakukan. Ini akan terasa menyenangkan jika dilakukan di pagi hari. Selain kondisi tubuh moms yang masih fit, udara juga masih sangat segar. Sehingga Moms bisa mencuri waktu untuk sesekali mengambil nafas dalam. Selain itu, berjalan kaki juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan moms, seperti berikut ini.

1. Modal Untuk Melahirkan Secara Normal

Ada saja yang membuat moms khawatir. Terutama ketika hari melahirkan semakin dekat. Perasaan tidak sanggup melahirkan secara normal biasanya kerap menghantui. Tak perlu khawatir moms. Memiliki  rutnitas berjalan kaki di pagi hari selama masa kehamilan bisa membantu moms untuk menghadapi hal tersebut.

Berjalan kaki berdampak pada fleksibilitas dan pengencangan otot-otot panggul yang menjadi modal utama melahirkan normal. Prosesnya pun bisa menjadi lebih cepat dan mudah, karena kebiasaan berjalan kaki membuat moms lebih bugar dan bertenaga untuk melahirkan normal.

1. Modal Untuk Melahirkan Secara Normal
baca juga

2. Mengatasi Stres Yang Melanda

Stres menjadi salah satu hal yang banyak dialami wanita hamil. Hal ini karena perubahan hormon yang kerap membuat moms mudah cemas, jengkel dan sedih. Tak jarang kondisi ini menyebabkan stres bagi moms. Terlebih lagi di kehamilan pertama. Tak boleh berlarut-larut merasakan stres moms pun harus pintar-pintar mengatur mood  dan pola pikir.

Jika stres sudah terlanjur melanda, berjalan kaki bisa menjadi solusinya lho. Sama dengan olahraga lainnya, berjalan juga dapat melepaskan endorfin,zat kimia yang membuat mom memiliki perasaan lebih baik. Terutama ketika perasaan Anda tengah dilanda kesedihan yang cukup parah.

2. Mengatasi Stres Yang Melanda

3. Menurunkan Resiko Preeklampsia dan Diabetes

Naik berat badan secara berlebih selama masa kehamilan meninggalkan resiko tinggi. Seperti mengalami Preeklampsia dan diabetes gestasional. Preeklampsia merupakan kelainan pada kehamilan yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah dan kelebihan protein dalam urin. Sementara diabetes gestasional diakibatkan oleh tingginya gula darah yang terjadi selama kehamilan.

Ibu hamil yang mengalami ini beresiko mengidap diabetes tipe 2 pasca melahirkan. Kondisi ini cukup berbahaya bagi moms dan bayi. Moms beresiko mengalami persalinan secara prematur dan bayi gemuk. Memiliki kebiasaan berjalan kaki di pagi hari bisa dapat mengurangi resiko ini. Berjalan membuat berat badan stabil, mengurangi kolestereol, dan menyeimbangkan tekanan darah selama hamil.

3. Menurunkan Resiko Preeklampsia dan Diabetes
baca juga

4. Buat Bayi Sehat Dan Keluhan Selama Hamil Berkurang

Berjalan kaki mampu mengendalikan berat badan moms. Sehingga dapat mencapai berat badan si bayi sehat. Hal ini akan tentu akan memudahkan saat persalinan berlangsung. Di samping itu meluangkan waktu setidaknya 150 menit per minggu untuk berjalan juga dapat menghilangkan keluhan selama masa kehamilan. Seperti sembelit, varises, dan sulit tidur terutama di malam hari. Berolahraga secara teratur menginduksi tidur dan berjalan setiap hari akan membantu membakar energi berlebih, sehingga mendorong tidur lebih nyenyak.

4. Buat Bayi Sehat Dan Keluhan Selama Hamil Berkurang