Moms, Apakah Anda salah satu orang yang suka mengkonsumsi jambu biji? Jika iya, tetap lanjutkan ya. Buah yang banyak tumbuh di negara tropis ini mengandung vitamin A, C, dan mineral, seperti tembaga, mangan dan magnesium. Banyak mengkonsumsi jambu biji tak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kecantikan. Jambu biji dipercaya dapat membuat kulit lebih lembut dan bercahaya.  Lantara kandungan anti-oksidan, karoten dan vitamin C nya yang cukup tinggi. Lebih tinggi dari pada buah jeruk. Selain buahnya daun jambu biji yang dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional juga bisa menjadi bahan perawatan kulit yang wajib dicoba. Berikut ragam manfaat jambu biji dan daunnya untuk kecantikan.

1. Anti Aging

Kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan potasium. Buah Jambu biji berkhasiat sebagai anti aging. Potasium sebagai anti oksidan yang baik untuk pendetoks tubuh.  Kandungan tersebut juga dapat melawan radikal bebas. Sehingga bagi yang gemar mengkonsumsi jambu biji dapat terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Kandungan antioksidan juga banyak terkandung pada daun jambu biji. Untuk itu tak ada salahnya moms menjadikan daun ini sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kulit.  

Caranya cukup mudah, yakni dengan menumbuk daun dan campurkan dengan yougurt. Setelah itu bisa diaplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Keringkan dan tambahkan pelembab kulit untuk hasil lebih maksimal. Cara lainnya adalah dengan membasuh kulit dengan air rebusan jambu biji yang sudah tua. Moms bisa mengaplikasikan rebusan tersebut dalam keadaan dingin atau hangat. Setelah itu bisa dibilas kembali dengan air bersih.

1. Anti Aging
baca juga

2. Sebagai Toner Alami Untuk Atasi Jerawat dan Bintik Hitam

Jambu biji juga bisa digunakan sebagai toner alami lho, moms. Sstringen yang dikenal untuk menjaga lapisan kulit bebas dari noda dan jerawat. Buah ini juga dapat membantu mengencangkan otot-otot kulit, sehingga meningkatkan tekstur kulit dan mengembalikan elastisitas kulit yang hilang. Jika moms bukan orang yang gemar mengkonsumsi jambu biji, bisa beralih pada daunnya. Sebagai antiseptik dan anti inflamasi membuat daun jambu biji ampuh membunuh bakteri. Sehingga dapat membuat kulit selalu bersih setiap hari. Moms pun cukup menumbuk daun tersebut dan mengaplikasikan pada area wajah yang berjerawat.

2. Sebagai Toner Alami Untuk Atasi Jerawat dan Bintik Hitam

3. Ampuh Atasi Komedo dan Gatal

Menghilangkan komedo secara paksa dengan menekan hidung menjadi kegiatan menyebalkan. Eits, sekarang tidak lagi. Karena untuk menghilangkan permasalahan kulit tersebut moms bisa menggunakan daun jambu biji. Moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan merebus beberapa helai daun jambu biji dan bubuk kunyit. Lalu secara perlahan aplikasikan pada area yang terdapat komedo. Gosok-gosok dengan ujung jari dan bilas dengan air bersih. Sedangkan untuk mengatasi kulit gatal, moms cukup menumbuk daun jambu biji dan mengaplikasikan pada area gatal. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Ampuh Atasi Komedo dan Gatal
baca juga

4. Melembabkan Dan Mencerahkan Kulit

Kandungan air menjadi hal yang paling utama dalam sel-sel kulit kita. Sehingga jika tubuh kurang cairan akan berdampak buruk bagi kulit. Kulit bisa kering, bersisik dan lapisan kulit ini akan meningkatkan kerutan. Jambu biji kaya akan kandungan mineral agar tubuh terjaga dari dehidrasi. Dengan begitu kelembapan kulit tetap terjaga. Sel kulit yang terhidrasi diperlukan untuk perkembangan sel kulit baru.

Sementara itu untuk mencerahkan kulit Moms bisa menggunakan masker daun jambu biji. Moms bisa mencampurkan tumbukan daun jambu biji dengan sedikit bubuk kunyit dan air mawar. Setelah tercampur rata, masker siap untuk dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali ya moms.

4. Melembabkan Dan Mencerahkan Kulit