Daun Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang banyak ditemukan di pedesaan. Tanaman buah ini sangat mudah tumbuh, oleh sebab itu banyak sekali ditemukan. Buah jambu biji yang memiliki khasiat untuk menambah hemoglobin darah ini memiliki daun yang berkhasiat juga lho moms. 

Daun Jambu Biji

Selain sebagai obat diare, daun jambu biji juga bisa mengatasi rambut rontok. Yakni dengan menguatkan akar rambut serta melebatkan kembali rambut kamu. Tentunya hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada daun jambu biji.

Daun Jambu Biji Untuk Melebatkan Rambut

Daun jambu biji memiliki kandungan yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Salah satunya yaitu sebagai ramuan alami yang berkhasiat melebatkan rambut dan mencegah kebotakan. Karena daun jambu biji memiliki vitamin B2, B3, dan B5. Kandungan vitamin tersebut dapat menjaga rambut dari masalah kerontokan.

Daun Jambu Biji Untuk Melebatkan Rambut

Hal ini tentunya harus sesuai aturan penggunaan yang dianjurkan ya moms, agar rambut kamu tetap sehat dan mendapatkan hasil yang terbaik. Nah moms, simak lebih lanjut untuk mencobanya ya moms.

baca juga

Cara Membuat Ramuan Daun Jambu Biji

Moms, berikut cara membuat ramuan daun jambu biji untuk mengatasi masalah rambut rontok sebagai berikut:

  1. Sediakan 20-30 daun jambu biji dan sediakan satu liter air
  2. Rebuslah daun tersebut selama 20 menit, hingga warnanya kecoklatan. selanjutnya diamkan sampai dingin
  3. Saring air rebusan, kemudian ambil daunnya
  4. Gunakan daun jambu biji untuk memijat rambut kepala
Cara Membuat Ramuan Daun Jambu Biji
5. Usahakan ramuan tadi sudah terbalur secara merata
6. Diamkan selama 2 jam, barulah membilasnya dengan air
7. Terapkan secara rutin dua hari sekali agar hasilnya lebih maksimal.

Efek Samping Ramuan Daun Jambu Biji untuk Rambut

Sebagaimana pengobatan lainnya, penggunaan ramuan daun jambu biji ini juga bisa membawa efek samping yang kurang baik. Nah moms, berikut beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui:

  • Kulit kemerahan. Kebanyakan kandungan dalam daun jambu ini bisa mengakibatkan efek kemerahan pada kulit kepala. Karena kandungan thiamin dalam daun jambu biji ini jika berlebihan dapat menjadikan munculnya bercak merah pada kulit kepala yang disertai dengan gatal-gatal. 
Efek Samping Ramuan Daun Jambu Biji untuk Rambut
  • Rambut Rontok. Penggunaan ramuan daun jambu biji secara berlebihan justu akan mengakibatkan kerontokan rambut. Karena daun jambu biji mengandung vitamin A dan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga apabila kelebihan dari kandungan tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok.
  • Kulit Kepala Berminyak. Dampak lain jika menggunakan ramuan ini secara berlebihan dapat mengakibatkan produksi minyak pada kulit kepala berlebih, sehingga menjadikan rambut lepek dan sulit diatur moms. 

Nah, dari berbagai penjelasan tersebut, moms harus bisa menggunakan sesuai dosis yang diperbolehkan agar tidak menimbulkan masalah-masalah baru yang merugikanmu. Selamat mencoba moms!