Penyebab Nyeri Menstruasi

Langkah Tepat Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Minum Obat
source: https://sg.news.yahoo.com/

Kram menstruasi memang benar-benar mengganggu dengan rasa tidak nyaman dan menyakitkan. Meskipun begitu, rasa tidak nyaman ini sebenarnya terjadi karena sebuah alasan. Selama berada dalam periode menstruasi, rahim dalam tubuh akan mengalami kontraksi. Gerakan kontraksi ini membuat lapisan dinding rahim luruh dan keluar dari tubuh. Biasanya, kontraksi rahim saat menstruasi akan menyebabkan rasa sakit berdenyut di perut bagian bawah. Kram ini juga biasanya akan menjadi lebih buruk selama beberapa hari pertama haid, saat aliran darahnya deras dan banyak.
 

Perawatan Rumah Untuk Kram Menstruasi

Langkah Tepat Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Minum Obat
source: https://www.dailyedge.ie/

Sebenarnya, ada banyak sekali pilihan obat yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri menstruasi. Sayangnya, mengonsumsi obat secara terus menerus tentu akan memiliki dampak serius pada tubuh. Untuk itu, Mommy lebih dianjurkan untuk melakukan perawatan rumah dalam mengatasi rasa nyeri saat menstruasi, seperti:

  • Gunakan kompres hangat atau botol berisi air panas pada perut. Selain itu, mandi air dengan hangat juga bisa mengurangi rasa nyeri selama menstruasi. Panas dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit.
  • Berbaring dan posisikan kaki lebih tinggi. Selain itu, posisi lain seperti berbaring miring dengan mengangkat lutut ke dada juga dapat membantu meringankan tekanan punggung.
  • Gunakan pembalut, bukan tampon atau menstrual cup. Sebagian wanita mungkin cocok menggunakan tampon dan menstrual cup. Namun, jika Mommy juga memiliki keluhan nyeri pada vagina, pembalut akan menjadi solusi terbaik. 
  • Lakukan olahraga teratur. Ini dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi kram.
baca juga


Minuman Tradisional Pereda Nyeri Menstruasi

Langkah Tepat Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Minum Obat
source: https://www.freshnlean.com/

Selain beberapa perawatan rumah di atas, Mommy juga bisa mengonsumsi minuman-minuman tradisional alami yang dapat meredakan rasa nyeri menstruasi. Biasanya jamu-jamuan ini merupakan resep turun-temurun yang menjadi andalan wanita-wanita Indonesia di zaman dulu. Nah, salah satu minuman yang paling direkomendasikan saat muncul rasa nyeri haid adalah jahe. Air rebusan jahe tidak hanya menghangatkan tetapi juga dapat meredakan rasa nyeri. Jadi, siap sedia air jahe akan sangat membantu saat nyeri menstruasi datang.
 

Langkah Tepat Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Minum Obat
source: https://helloclue.com/

Kram menstruasi merupakan hal yang sangat wajar terjadi saat seorang wanita berada dalam siklus mentsruasi. Namun, pada beberapa wanita terkadang kram menstruasi terasa sangat menyakitkan hingga membuat mereka sulit untuk melakukan hal-hal sehari-hari. Jika nyeri menstruasi yang terasa begitu parah dan berlangsung dalam waktu lama, Mommy harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.